Rabu, 20 November 2019

Soal Latihan Un | Menyimpulkan Pendapat Pro/Kontra Dalam Teks

Soal Latihan Ujian Nasional | Menyimpulkan Pendapat Pro/Kontra dalam Teks

Apa itu pendapat pro/kontra?
Pendapat pro adalah pendapat yg mendukung alias yg menyatakan setuju terhadap suatu persoalan. Sedangkan pendapat kontra adalah pendapat yg tidak mendukung persoalan

Jadi, pendapat pro/kontra adalah sebuah pendapat yg berisi pernyataan dukungan lagi yg tidak mendukung persoalan.

Lihat juga:
Kumpulan Soal Simulasi UNBK Tahap 2 Bahasa Indonesia SMP/MTs Tahun 2020
Latihan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs 2020
Berikut ini contoh soal menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks

1. Bacalah teks berikut!
(1) Pemilihan OSIS dengan cara paket bakal segera diselenggarakan. (2) Sistem itu baik karena setiap pasangan bisa saling mengisi kekurangan saat berkampanye. (3) Namun, kegiatan ini berlumlah lazim. (4) Oleh karena itu, perlu diyakinkan peserta didik yg menjadi calon pengurus OSIS.

Kalimat yg menyatakan mendukung persoalan terdapat dengan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

2. Bacalah teks berikut!
(1) Banjir di Jakarta tidak semata-mata faktor alam. (2) Jakarta yg terletak di pinggir laut juga bukan faktor utama. (3) Aktivitas lagi ulah warga berpengaruh dengan terjadinya banjir di Jakarta. (4) Banyak warga yg masih membuang sampah ke sungai. (5) Lebih dari enam ton sampah diangkat dari pintu air Manggarai.

Kalimat yg mendukung persoalan terdapat dengan nomor ...
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

3. Bacalah teks berikut!
(1) Keluarga merupakan wadah untuk mendapatkan bimbingan lagi latihan bagi perkembangan lagi pembentukan pribadi anak. (2) Keluarga terdiri atas, ayah, ibu, lagi anak. (3) Ibu memiliki peran besar, tetapi banyak yg belum menyadarinya. (4) Kenyataanya menunjukkan perilaku ibu dijadikan panduan bagi perilaku mereka. (5) Ibu adalah orang yg hebat.

Kalimat yg menyatakan persetujuan terdapat dengan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. Bacalah teks berikut!
Peran Ibu dalam Keluarga
(1) Jika berbicara mengenai pendidikan anak, orang yg paling berpengaruh adalah ibu. (2) Keberhasilan pendidikan anak sangat ditentukan oleh sentuhan tangan ibu meskipun keikutsertaan bapak tidak bisa diabaikan begitu saja. (3) Ibu merupakan wanita yg mulia lagi hebat. (4) Pendidikan yg didapat anak dalam keluarga meliputi pendidikan iman, moral, fisik/jasmani, intelektual, psikologi, lagi sosial.

Kalimat yg menyatakan pesetujuan dengan teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

5. Bacalah teks berikut!
(1) Banyak sekolah melarang siswanya membawa telepon seluler ke sekolah. (2) Sebagian besar menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah bisa memengaruhi konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran. (3) Hal itu memang benar, ketika telepon berdering di kelas, maka kegiatan pembelajaran bakal terganggu. (4) Meskipun begitu ada beberapa sekolah yg tidak sepakat dengan pernyataan tersebut.

Kalimat yg menyatakan pesetujuan dengan teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

6. Bacalah teks berikut!
(1) Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, OSIS SMP Tunas Bangsa mengadakan kegiatan Lomba Baca Puisi lagi Lomba Tata Upacara Antarkelas. (2) Lomba tersebut diselenggarakan tanggal 14-15 Agustus 2020. (3) Guru lagi siswa bekerja sama menyukseskan acara tersebut. (4) Kegiatan itu mengingatkan perjuangan pahlawan karena memiliki tujuan yg sama yaitu kesuksesan.

Kalimat yg menyatakan alasan yg mendukung terhadap masalah dengan teks tersebut terdapat dengan kalimat nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


Kunci: 1 B, 2 B, 3 D, 4 C, 5 C, 6 D

Selain contoh-contoh di atas berikut adalah soal tentang menyimpulkan pendapat pro/kontra yang kami ambil dari naskah UNKP 2020.

Bacalah teks berikut. kemudian kerjakan soal nomor 1 lagi 2.
Kemarau adalah suatu keadaan air yg terkandung di dalam tanah berkurang. Biasanya kemarau terjadi misalnya tanah terlalu banyak mengeluarkan air. Kemarau disebabkan tidak turunnya hujan dalam beberapa waktu lagi penggunaan air yg berlebihan oleh manusia.

(1) Kemarau terjadi di daerah yg beriklim tropis. (2) Daerah yg beriklim tropis berada di sekitar garis khatulistiwa bumi. (3) Negara yg memiliki iklim tropis adalah negara-negara di Asia Tenggara, Benua Afrika bagian tengah, lagi Amerika Latin bagian utara. (4) Menurut para ahli klimatologi, di daerah itulah sering terjadi kemarau panjang sehingga suhu di daerah tersebut tergolong tinggi.

1. Pernyataan yg menunjukkan persetujuan dengan paragraf kedua ditandai dengan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

2. Kalimat yg menyatakan sebab-akibat dengan paragraf kedua teks tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan nomor 3 lagi 4!
(1) Akhir-akhir ini kita sering merasakan suhu bumi yg begitu panas. (2) Di daerah dataran tinggi seperti Bogor, Bandung, lagi sekitarnya tidak terasa sejuk lagi. (3) Peristiwa tidak seimbangnya suhu bumi ini karena bumi saat ini mengalami pemanasan global. (4) Pemanasan global itu alias sering disebut sebagai Global Warming.

(1) Global Warming adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer laut lagi daratan bumi. (2) Peristiwa ini sering terjadi di negara yg kurang memedulikan keharmonisan lingkungan. (3) Perlu dipikirkan upaya menghentikan pemanasan global. (4) Berdasarkan pendapat para ahli, perlu segera dicari solusi untuk membatasi penyebab pemanasan global demi kelestarian lingkungan.

3. Pernyataan yg menunjukkan persetujuan dengan paragraf kedua tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. Kalimat yg menunjukkan akibat-sebab dengan paragraf pertama teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Sumber: Soal UN SMP/MTs 2020, UN SMP/MTs 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar