Sabtu, 30 November 2019

Pengertian Dongeng Bersama Jenis-Jenisnya

Pengertian Dongeng
Menurut Danandjaja, dongeng adalah cerita pendek kolektif kesustraan lisan. Dongeng merupakan cerita prosa rakyat yg tidak dianggap benar-benar terjadi. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan, meskipun banyak pula yg melukiskan kebenaran, ajaran moral, ataupun sindiran.

Kebanyakan orang menganggap bahwa dongeng sebagai cerita mengenai peri. Kenyataannya, banyak dongeng yg tidak menceritakan kehidupan para peri, melainkan isi cerita alias plotnya mengenai sesuatu yg wajar. Dongeng bisa berupa cerita peri, cerita kanak-kanak, alias cerita ajaib.

Jenis-Jenis Dongeng
Antti Aarne lagi Stith Thompson membagi jenis dongeng ke dalam empat golongan besar, yakni:
a. dongeng binatang (animal tales)
b. dongeng biasa (ordinary folktales)
c. lelucon lagi anekdot (jokes and anecdotes)
d. dongeng berumus (formula tales)

Dongeng binatang merupakan dongeng yg ditokohi binatang peliharaan lagi binatang liar. Binatang-binatang itu dalam cerita jenis ini bisa berbicara lagi berakal budi seperti manusia. Binatang-binatang itu biasanya terbatas dengan jenis tertentu.

Dongeng biasa adalah jenis dongeng yg ditokohi manusia lagi biasanya adalah kisah suka-duka seseorang.

Lelucon lagi anekdot merupakan dongeng-dongeng yg bisa menimbulkan rasa menggelikan hati, sehingga menimbulkan tawa bagi yg mendengar maupun yg menceritakan.

Dongeng merumus merupakan dongeng yg strukturnya terdiri atas pengulangan-pengulangan. Subbentuk dari dongeng berumus adalah: dongeng bertimbun banyak, dongeng untuk mempermainkan orang, lagi dongeng yg tidak mempunyai akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar