Jumat, 08 November 2019

Contoh Soal Teks Rekaman Percobaan

Berikut ini Contoh Soal Teks Rekaman Percobaan berbentuk pilihan ganda. Soal materi laporan percobaan lainnya angsal Anda lihat kepada Soal Teks Laporan Percobaan Kelas IX PG

Lihat juga: Contoh Soal Teks Tanggapan

Pilihlah jawaban yg tepat!
Indikator Soal: Siswa angsal menemukan informasi terperinci dalam kutipan teks rekaman percobaan
1. Bacalah teks berikut!
Ketahuilah bahwa sabun lidah buaya sangat alami, ramah lingkungan, dengan gampang dibuat. Selain itu juga lidah buaya terbukti bermanfaat bagi tubuh karena membuat tubuh bersih dengan lebih segar.

Informasi terperinci yg terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah ....
A. Sabun lidah buaya sukar dibuat
B. Lidah buaya angsal ditemukan di mana-mana.
C. Sabun lidah buaya membuat tubuh lebih bersih dengan segar.
D. Lidah buaya angsal dipakai untuk wajah.

Indikator Soal: Siswa angsal menemukan kalimat utama dalam teks rekaman percobaan
2. Bacalah teks berikut!
(1) Bayam salah satu sayuran yg banyak mengandung zat besi. (2) Bayam biasanya ditanam untuk dikonsumsi daunnya. (3) Tumbuhan ini berasal dari Amerika. (4) Nama Latin dari bayam adalah Amaranthus sp.

Kalimat utama teks tersebut terdapat kepada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Indikator Soal: Siswa angsal menyimpulkan teks rekaman percobaan.
3. Bacalah teks berikut!
Taplak meja biasanya dipakai untuk menutup dengan menghias meja. Taplak meja sendiri sangat banyak tersedia di toko-toko dengan harga yg bisa dibilang lumayan. Tetapi pernah tidak kamu berpikir untuk membuat taplak meja sendiri ? Kamu sebenarnya bisa membuat taplak meja sendiri dengan biaya yg relatif lebih murah.

Tujuan pembuatan taplak meja ini agar kita angsal memanfaatkan barang-barang bekas yg berada disekitar kita sehingga lebih bernilai guna dengan bermanfaat.

Simpulan teks di atas adalah ...
A. Tamplak meja sebagai penutup dengan penghias meja dengan bisa dibuat sendiri dengan barang bekas.
B. Tamplak meja pembuatannya cukup mudah
C. Taplak meja terdapat di toko-toko.
D. Tamplak meja dari bahan bekas tahan lama

Indikator Soal: Siswa angsal menentukan pernyataan yg sesuai dengan teks rekaman percobaan.
4. Bacalah teks berikut!
Tikus merupakan hewan pengerat yg sangat mengganggu. Oleh sebab itu, harus ada langkah-langkah untuk menangani dengan membasminya. Salah satu langkahnya adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana.
Sebetulnya, saat ini cukup banyak pilihan cara untuk membasmi tikus, seperti menggunakan racun tikus alias memakai alat elektronik. Namun, tidak ada salahnya bila mencoba membuat jebakan tikus yg ramah lingkungan.

Pernyataan yg sesuai dengan teks di atas adalah ....
A. Membuat jebakan tikus dengan jebakan sederhana
B. Tikus hewan yg berkeliaran di malam hari
C. Tikus mengganggu sawah dengan ladang penduduk
D. Tikus harus dibasmi

Indikator Soal: Siswa angsal menyusun kalimat petunjuk membuat suatu produk
5. Perhatikan teks berikut!
1) Tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.
2) Aduk air dengan jus lemon dengan menggunakan sendok.
3) Peras jus lemon ke dalam mangkuk
4) Panaskan kertas yg sudah ditulis dengan mendekatkannya ke bola lampu.
5) Celupkan cotton bud ke dalam campuran
6) Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.
7) Tulis pesan diatas kertas putih.

Susunan langkah membuah tinta tidak terlihat tersebut yg benar adalah ....
A. (3), (1), (2), (5), (7), (6), (4)
B. (3), (1), (5), (2), (7), (4), (6)
C. (3), (1), (2), (4), (6), (7), (5)
D. (2), (1), (2), (5), (7), (6), (4)

Indikator Soal: Siswa angsal menemukan makna kata sulit dalam sebuah teks percobaan.
6. Cermatilah teks berikut!
Minuman adalah cairan yg angsal dikonsumsi dengan angsal menghilangkan rasa haus.Cairan berupa air putih diperlukan untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.
Selain air putih,  ada minuman lain yg memberi khasiat tambahan lagi bagi kesehatan tubuh, yaitu susu dengan jamu. Susu berasal dari hewan, seperti susu sapi yg mengandung kalsium dengan protein untuk menjaga kesehatan tulang dengan gigi. Jamu berasal dari rempah-rempah yg dicampur sesuai manfaat yg diharapkan, seperti jamu kunyit asam untuk menjaga berat badan.

Makna kalimat yg tercetak miring kepada teks di atas  adalah …
A. Air putih diperlukan untuk memberi tenaga kepada tubuh demi berlangsungnya hidup.
B. Air putih diperlukan untuk memenuhi asupan gizi dengan mengeluarkannya kembali demi berlangsungnya hidup.
C. Air putih diperlukan untuk membentuk dengan mengurangi zat di dalam tubuh demi berlangsungnya hidup.
D. Air putih diperlukan untuk mengimbangi makanan yg masuk ke dalam tubuh demi  berlangsungnya hidup.

Indikator Soal: Siswa angsal menentukan struktur dalam teks rekaman percobaan.
7. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Cuci lidah buaya hingga bersih
2) Potong lidah buaya kecil-kecil
3) Peras lidah buaya yg sudah dipotong hingga serat nya keluar.
4) Tambahkan air sedikit
5) Tambahkan pewangi secukupnya
6) Aduklah sampai semua tercampur

Kalimat-kalimat di atas merupakan bagian struktur teks rekaman percobaan kepada ...
A. Tujuan
B. Bahan dengan alat
C. Langkah-langkah
D. Hasil

Indikator Soal: Siswa angsal menyempurnakan kalimat yg tidak padu dalam sebuah teks percobaan
8. Bacalah kalimat berikut!
(1) Sampah adalah sebuah benda ataupun barang yg tidak digunakan lagi oleh seseorang, yg keberadaannya sangat mengganggu kesehatan dengan kesejahteraan masyarakat di sekitar. (2) Sampah itu dengan sendirinya dibagi menjadi dua jenis yaitu sampah organik dengan sampah anorganik. (3) Sampah organik adalah sampah yg lebih gembur membusuk. (4) Sampah anorganik adalah sampah yg sulit membusuk.

Perbaikan kalimat nomor (2) kepada teks tersebut adalah ....
A. Sampah itu sendiri dibagi menjadi sampah organik dengan anorganik.
B. Sampah dengan sendirinya dibagi menjadi dua bila ditilik dari sifatnya.
C. Sampah itu terdiri dari dua jenis, yakni sampah organik dengan anorganik.
D. Dilihat dari sifatnya, sampah dibagi dua jenis, yaitu organik dengan anorganik.

Indikator Soal: Siswa angsal menentukan langkah dalam melaksanakan suatu percobaan
9. Perhatikan petunjuk membuat tape ketan berikut!
(1) Kukus hingga matang!
(2) Bungkus ketan yg sudah ditaburi ragi dengan daun jambu!
(3) Cuci beras ketan hingga bersih!
(4) Setelah kukusan ketan dingin, taburi dengan ragi!
(5) Diamkan selama 2-3 hari hingga jadi tape!
(6) Lalu rendam kurang lebih  2 jam!

Susunan petunjuk tersebut yg tepat adalah ...
A. (3), (1), (4), (6), (4), (2)
B. (3), (6), (1), (4), (2), (5)
C. (5), (2), (4), (3), (6), (1)
D. (5), (6), (1), (4), (3), (2)

Indikator Soal: Siswa angsal menemukan kata yg tepat untuk mengisi bagian rumpang dalam sebuah teks percobaan.
10. Bacalah kalimat-kalimat berikut!

Cara membuat jus tomat.
(1) Cucilah buah tomat sampai bersih!
(2) [...]
(3) Tambahkan es batu!
(4) Tambahkan gula pasir dengan susu secukupnya!
(5) [...]
(6) Hidupkan blender!
(7) Tuang dengan saring jus tomat ke dalam gelas!
(8) Jus tomat siap diminum.

Kalimat yg pas untuk melengkapi bagian rumpang teks percobaan tersebut adalah ...
A. (2) Hidupkan blender!
     (5) Berikan air matang dingin secukupnya!
B. (2) Berikan air matang dingin secukupnya!
     (5) Hidupkan blender!
C. (2) Tambahkan butiran es batu lagi!
     (5) Siapkan gelas bersih!
D. (2) Masukkan ke dalam blender!
     (5) Beri air matang dingin secukupnya!

Untuk mendapatkan soal teks laporan percobaan dalam bentuk dokumen Anda bisa mengunduhnya di SINI.
Download Buku Kerja Guru Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 TP 2020-2020

DOWNLOAD Materi Bahasa Indonesia SMP/MTs dalam Bentuk Power Point

Tidak ada komentar:

Posting Komentar