Pengertian Iklan, Slogan, lalu Poster
Iklan dapat diartikan sebagai teks yg mendorong, membujuk khalayak agar tertarik dengan barang lalu jasa yg ditawarkan. Iklan juga angsal diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang lalu jasa.
Slogan adalah perkataan maupun kalimat pendek yg dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, lalu sebagainya. Slogan sering pula disebut moto maupun semboyan.
Poster adalah plakat (kata-kata lalu gambar) yg dipajang di tempat-tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, maupun hal penting kepada khalayak.
Perbedaan Iklan, Slogan, lalu Poster
Berikut perbedaan antara iklan, slogan, lalu poster.
Unsur-unsur pembentuk iklan, slogan, lalu poster sebagai berikut.
Iklan dapat diartikan sebagai teks yg mendorong, membujuk khalayak agar tertarik dengan barang lalu jasa yg ditawarkan. Iklan juga angsal diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang lalu jasa.
Slogan adalah perkataan maupun kalimat pendek yg dipakai sebagai dasar tuntunan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, lalu sebagainya. Slogan sering pula disebut moto maupun semboyan.
Poster adalah plakat (kata-kata lalu gambar) yg dipajang di tempat-tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, maupun hal penting kepada khalayak.
Perbedaan Iklan, Slogan, lalu Poster
Berikut perbedaan antara iklan, slogan, lalu poster.
- Iklan merupakan teks persuasif yg memadukan unsur gambar dengan kata-kata, unsur gerak, lalu suara.
- Slogan merupakan teks persuasif yg mengutamakan unsur kata-kata.
- Poster merupakan teks persuasif yg mengutamakan kekuatan gambar lalu kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.
Unsur-unsur pembentuk iklan, slogan, lalu poster sebagai berikut.
- Sumber adalah pemasang iklan yg berinisiatif, lalu penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.
- Pesan adalah informasi yg disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal lalu pesan nonverbal.
- Media adalah sarana yg digunakan, misalnya mendia cetak, elektronik, lalu sarana-sarana lainnya.
- Penerima adalah individu maupun kelompok masyarakat yg menjadi sasaran maupun objek iklan.
- Efek adalah perubahan yg terjadi dengan diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, lalu pola hidup.
- Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, maupun respons yg dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yg ditawarkan lalu menolak pemakaian narkoba.
- Pengenalan produk. Bagian ini angsal pula disebut sebagai judul teks.
- Pernyataan persuasif, berisi pernyataan yg mendorong pembaca maupun pendengar berbuat sesuatu. Bagian ini biasanya berupa pernyataan tentang kelebihan produk yg ditawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar