Rabu, 06 November 2019

Soal Penilaian Akhir Semester Kurikulum 2013 Kelas 7 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Soal Penilaian Akhir Semester Kurikulum 2013 Kelas 7 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Lihat juga: Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia SMP/MTs (Kelas 7, 8, 9)

Pilihlah jawaban yg tepat di  antara a,b,c,d!
1. Pernyataan berikut yg termasuk ciri-ciri teks deskripsi adalah ....
a. Bersifat menceritakan.
b. Mengandung bukti beserta kebenaran.
c. Menggunakan contoh, fakta, gambar peta, beserta angka.
d. Menggambarkan objek sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra.

2. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
(a) Ada pula yg berulat.
(b) Keadaannya begitu kurus.
(c) Pohon-pohonan itu meranggas.
(d) Beberapa di antara pepohonan itu bahkan ada yg mati.
(e) Jangankan berbunga, daun-daunnya pun hampir tidak ada.
(f) Beberapa pohon tanaman hias di halaman rumahku tidak mau berbunga.

Susunan kalimat yg benar sehingga menghasilkan teks deskripsi yg padu adalah ..
a. (c)-(a)-(b)-(d)-(e)-(f)
b. (c)-(b)-(a)-(d)-(f)-(e)
c. (f)-(e)-(d)-(c)-(a)-(b)
d. (f)-(e)-(a)-(c)-(b)-(d)
3. Bacalah teks berikut!

Gua peninggalan penjajahan Jepang itu tidak terawat. Banyak coretan di dinding gua mengganggu pemandangan mata. Di pintu masuk gua ditumbuhi banyak rumput beserta ilalang. Sampah-sampah berserakan di dasar gua. Rupanya pemerintah setempat kurang memedulikan objek bersejarah tersebut.

Paragraf tersebut termasuk ....
a. deskripsi orang
b. deskripsi waktu
c. deskripsi tempat
d. deskripsi objektif

4. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Bukit hijau  menjadi latar pantai.
2) Debur ombak pantai terdengar berirama.
3) Udara di pinggir pantai terasa segar.
4) Air kecil dengan buih-buih kecil.
5) Pantai panjang dengan pasir putih.

kalimat yg menggunakan panca indra pengelihatan ditunjukkan dengan nomor ...
a. 1, 2, beserta 5
b. 2, 3, beserta 4
c. 1, 2, beserta 4
d. 1, 4, beserta 5

5. Pernyataan berikut yg dihindari dalam memberi tanggapan adalah ....
a. Memahami masalah yg mau ditanggapi.
b. Menggunakan kalimat alias kata-kata kasar.
c. Menanggapi permasalahan yg dibahas.
d. Menggunakan bahasa sopan enteng dipahami.

6. Keindahan alam Indonesia harus dicintai beserta dilestarikan.

Makna kata yg dicetak miring adalah ...
a. diteruskan
b. dijaga keberlangsungannya
c. diperpanjang hidupnya
d. dimanfaatkan kegunaannya

7. Perhatikan teks berikut!
Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu yg dimana terdapat siswa beserta guru. Sekolah dibagi menjadi dua yaitu Sekolah Negeri beserta Sekolah Swasta. Sekolah Negeri merupakan Sekolah yg dibangun beserta dibiayai oleh pemerintah. Sedangkan Sekolah Swasta adalah sekolah yg biasanya dimiliki oleh yayasan alias perorangan. Tujuan dari adanya sekolah itu sendiri untuk mengajarkan siswa baik itu tentang pengetahuan maupun untuk belajar cara bersikap sopan di dalam hidup bermasyarakat. Manfaat adanya Sekolah sendiri becus dilihat dari banyaknya siswa yg memiliki prestasi yg baik beserta mendapatkan pekerjaan yg diinginkan. Karena dengan tidak adanya Sekolah seseorang belum tentu mau mendapatkan pekerjaan yg mereka inginkan karena banyaknya prasarat untuk mendapatkan pekerjaan yg baik.

Di dalam Sekolah Negeri maupun sekolah swasta memiliki persamaan kelengkapan yg ada di dalam sekolah seperti Perpustakaan, Lab Komputer, Uks, Lab Bahasa beserta sebagainya. Kelengkapan di dalam ruangan yg ada di dalam sekolah juga tidak memiliki banyak perbedaan contohnya di dalam kelas terdapat meja beserta kursi. Perbedaan yg ada di ruang kelas seperti fasilitas seperti, Ac, Kipas Angin, Speaker itupun hanya bisa di dapatkan di Sekolah yg memang terkenal memiliki fasilitas yg baik. Sedangkan fasilitas di luar ruangan becus dilihat dari kelengkapan fasilitas olah raga yg dimiliki.   Selain Sekolah yg memiliki fasilitas yg baik tidak menutup kemungkinan juga banyak sekolah yg kurang memiliki fasilitas yg memadai. Biasanya Sekolah yg kurang memiliki fasilitas yg baik terdapat di wilayah pedalaman.

Seorang siswa yg menduduki bangku sekolah memiliki perbedaan yg cukup jauh dibandingkan seseorang yg tidak menduduki bangku sekolah. Karena manfaat yg di berikan dari adanya Sekolah sendiri adalah untuk mencerdaskan siswa dalam hal pelajaran maupun cara berperilaku yg baik. Karena seseorang yg tidak menduduki bangku sekolah dirasa kurang memiliki pemahaman yg tepat mengenai cara belajar yg baik karena kurangnya dorongan dari seseorang yg memang memiliki pengetahuan yg lebih dalam suatu bidang.

Selain adanya fasilitas yg ada di dalam Sekolah Akreditasi yg ada dengan sekolah jugalah penting. Karena Akreditasi menentukan baik tidaknya sekolah itu dalam segala aspek. Baik dalam prestasi maupun fasilitas. Akreditasi yg ada dengan sekolah juga diperhatikan beserta dipertimbangkan dalam pemilihan siswa dalam sebuah Sekolah. Misalnya siswa yg ingin mendaftar di perguruan tinggi terlebih lampau di pertimbangkan dari mana asal Sekolah siswa tersebut beserta predikat dari akreditasi yg dimilikinya.


Bagian identifikasi terdapat dengan paragraf ...
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. keempat

8. Kebakaran hutan dengan lereng Lawu Utara merupakan ancaman buat ekosistem di wilayah itu. Ribuan hektar hutan yg masih menutupi sebagian lereng utara terancam rusak andaikata terjadi kebakaran. Lereng utara termasuk wilayah Karanganyar, terdapat lebih daripada 6.000 hektar hutan berbagai jenis

Perbaikan kata bercetak miring dengan paragraf tersebut adalah ...
a. atas, untuk, pada
b. di, untuk, dari
c. atas, bagi, dari
d. di, bagi, dari

9. Bacalah kutipan cerita fantasi berikut ini!
Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, beserta kuning di kamar ibunya. Kata ibunya andaikata ada tiga sahabat yg menyukai warna seperti dengan kotak itu mau mendapatkan petualangan indah beserta sekaligus mendapatkan berlian itu. Tapi waktu yg diberikan untuk berpetualang hanya satu jam.
Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika, menyukai warna biru. Dan Chika menyukai warna kuning. “Saya ingin mencoba petualangan indah itu Bu. Saya punya sahabat yg menyukai warna itu,” Anika meyakinkan ibunya. Dengan kesepakatan ketiga sahabat itu berkumpul di rumah Anika. Minggu  pukul 6 mereka semua masuk ke kamar Anika yg serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.

Kutipan cerita di atas merupakan bagian resolusi karena....
a.memperkenalkan tokoh, watak, beserta latar peristiwa secara umum.
b. menjelaskan secara detail watak tokoh.
c. ada permasalahan yg mencagun dalam peristiwa tersebut.
d. permasalahan yg ada dalam cerita di atas sudah diselesaikan.

10. Urutan struktur teks narasi yg tepat adalah ...
a. abstrak, orientasi, komlikasi, evaluasi, resolusi
b. orientasi, abstrak, komplikasi, evaluasi, resolusi
c. komplikasi , orientasi, abstrak, evaluasi, resolusi
d. abstrak, komplikasi, oreientasi, evaluasi, resolusi
11. Bacalah teks berikut!

Pagi itu sangat cerah. Semua berjalan dengan lancar. Jarang  sekali hal ini terjadi, bahkan hanya sebulan sekali aku bisa bangun sepagi ini. Sebenarnya semuanya sudah kusiapkan kemarin malam. Yang kulakukan sekarang hanya mempersiapkan diri. Setelah semua siap, aku pun berpamitan kepada ibu bapak sebelum berangkat ke sekolah untuk berkemah bersama teman-teman serta guruku.
“ Bu, aku berangkat dulu ya!” kataku kepada ibu.
Tak lama kemudian ibuku menyahut,“Iya Eno, hati-hati di jalan!
Aku pun berangkat ke sekolah maju angkutan umum.
Pagi itu pukul 06.30 aku sudah sampai di sekolah. Suasana sekolah sudah ramai sekali karena anak-anak sudah datang. Semua mengobrol tentang barang-barang yg mereka bawa. Ada yg membawa matras, tikar, makanan, bantal guling, beserta masih banyak lagi. Walaupun saat itu sekolah sudah ramai,  bapak beserta ibu guru baru datang pukul 07.00.

Kalimat langsung dengan teks tersebut adalah ...
a. Pagi itu sangat cerah. Semua berjalan dengan lancar.
b. “Bu, aku berangkat dulu ya!” kataku kepada ibu.
c. Pagi itu pukul 06.30 aku sudah sampai di sekolah.
d. Tak lama kemudian ibuku menyahut,“

12. Bacalah teks berikut!
Upik masih saja cemberut dari kemarin karena tidak tidak dibelikan kue stroberi  di toko dekat rumahnya. Walau ibunya sudah menasihati, Upik tetap saja merengek-rengek kepada ibunya. Ibunya tahu bahwa Upik tidak suka makanan yg manis masam seperti kue stroberi yg dimintanya.

Penggalan narasi tersebut berisi tentang ….
a. Setting
b. tema
c. alur
d. penokohan

13. Kalimat tak langsung di bawah ini adalah ...
a. Ibu mengatakan kepadaku bawah aku memang anak yg baik.
b. “Kamu memang anak yg baik,” kata ibu kepadaku
c. Ibu mengatakan kepadaku, “Kamu memang anak yg baik.”
d. “Kamu memang anak yg baik.” Itulah yg dikatakan ibu kepadaku.

14. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
1) Tiara memang sudah curiga dengan tingkah laku teman-temannya di kelas.
2) Begitu juga saat jam istirahat mereka seperti menyembunyikan sesuatu.
3) Hari ini Tiara mendapat kejutan dari teman-teman sekelasnya
4) Benar saja, ketika pulang sekolah teman-teman Tiara memberi kejutan berupa kue ulang tahun beserta taburan tepung.

Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf narasi yg padu adalah....
a. 3 – 4 – 2 -1
b. 3 – 4 – 1 -2
c. 3 – 1 – 2 - 4
d. 3 – 1 – 4 -2

15 Cerita fantasi yg mengisahkan kisah dengan satu masa saja disebut dengan ...
a. latar lintas waktu
b. latar sezaman
c. latar masa kini
d. latar masa lalu

16. Jenis cerita fantasi, semua yg terdapat dengan cerita tidak terjadi dalam dunia nyata disebut dengan ...
a. cerita narasi irisan
b. cerita narasi total
c. cerita fantasi irisan
d. cerita fantasi total

17. Salah satu ciri dari cerita fantasi adalah tokohnya memiliki keunikan, kecuali ...
a. memiliki kesaktian
b. saling menolong
c. mengalami peristiwa misterius
d. becus menerobos dimensi waktu

18. Ciri orientasi dengan cerita fantasi adalah ...
a. pengenalan tokoh, latar, watak tokoh, beserta konflik
b. berisi alur cerita
c. berisi hubungan sebab akibat sehingga mencagun masalah hingga masalah itu memuncak
d. berisi penyelesaian masalah dari konflik yg terjadi

Teks berikut untuk soal nomor 19 - 22
Nyonyo adalah nama seekor kura-kura yg memiliki keunikan daripada kura-kura lainnya, yaitu tempurung yg berwarna merah. Nyonyo tinggal sendiri di dekat sungai di dalam hutan. Saudara-saudaranya meninggalkannya karena malu dengan tempurungnya

Pagi itu Nyonyo berjalan-jalan di pinggir sungai. Matahari begitu terik sehingga kulit tangan beserta kepalanya sedikit mengelupas. Ia bergegas memasuki sungai untuk membasahi diri. Tiba-tiba ia melihat banyak ikan yg berkumpul di tengah sungai. Dari ikan yg berkumpul itu di dengar kabar bahwa sungai itu mau kedatangan rombongan gajah. Mereka mencari air yg tersisa di musim kemarau. Bila mereka sampai di sungai ikan-ikan mau kehabisan air beserta terinjak-injak.

Nyonyo berpikir cepat. Ia berenang cepat keluar sungai. Ia harus menyelamatkan teman-temannya. Ia berjalan tergesa-gesa menuju kawanan gajah. Ketika Burung Gagak sedia menjauh beserta rombongan gajah sedia mendekat, Nyonyo menarik napas dalam-dalam. Tiba-tiba dari tempurungnya memancarkan merah menyala yg sangat menyilaukan. Gajah-gajah itu terkejut beserta berlarian ke segala arah. Mereka seperti melihat padang rumput terbakar. Setelah tidak terdengar suara langkah kaki gajah, Nyonyo mematikan cahaya dari tempurungnya.

"Wah. Luar biasa. Sekarang aku baru tahu, darimana cahaya merah ketika hutan kita sangat gelap di malam hari," kata Burung Gagak sambil menepuk-nepuk tempurung Nyonyo.

19. Bagian orientasi dengan teks tersebut terdapat dengan paragraf ...
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

20. Bagian komplikasi dengan teks tersebut terdapat dengan paragraf ...
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

21. Bagian resolusi dengan teks tersebut terdapat dengan paragraf ...
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

22. Cerita fantasi bisa diilhami oleh latar nyata alias objek nyata dalam kehidupan tetapi diberi fantasi. Oleh karena itu, cerita fantasi bersifat ...
a. aktual
b. nonfiksi
c. fiksi
d. faktual

23. Pengaturan alur lengkap yg benar dalam cerita fantasi adalah ...
a. orientasi – resolusi – komplikasi – klimaks.
b. orientasi – komplikasi – klimaks – resolusi.
c. resolusi – orientasi – komplikasi – klimaks.
d. komplikasi – klimaks – orientasi – resolusi.

24. Bacalah teks berikut!
Kerajaan Tanah Sumedang diperintah raja yg adil beserta bijaksana. Sang Raja mempunyai seorang anak bernama Putri Arum. Suatu ketika Putri Arum mengidap penyakit kulit yg menjijikkan. Raja mengadakan sayembara. Siapa dapat.menyembuhkan Putri Arum andaikata laki-laki mau dijodohkan, andaikata perempuan mau dijadikan saudara.

Bujang Trindil pembantu setia Dang Anggana mengikuti sayembara. Ia segera pergi mencari obat. Ia berjalan mendaki gunung tinggi beserta menjelajah hutan belantara. Karena lelah, ia tertidur di bawah pohon rindang beserta bermimpi. Dalam mimpi itu, ia disuruh membuat sumur. Sumur itu mau mengeluarkan air sebagai sarana menyembuhkan Putri Arum. Ketika terbangun, Bujang Trindil segera melakukan seperti dalam mimpinya. Keajaiban terjadi. Setelah Putri Arum mandi dengan air sumur itu, penyakit kulitnya lenyap.

Akhirnya, Bujang Trindil mendapatkan hadiah. Namun, hadiah itu ia serahkan kepada tuannya, Dang Anggana. Menikahlah Dang Anggana dengan Sang Putri Arum. Bujang Trindil merasa lega beserta bahagia.

Amanat yg terkandung dalam cerita tersebut yaitu ...
a. Menolong harus dilakukan tanpa pamrih.
b. Berjuanglah selagi mampu melakukan.
c. Berilah pertolongan kepada yg membutuhkan.
d. Orang sakit harus diberi pertolongan.

25. Bacalah teks berikut!
Ia lelaki tua pembuat kubah yg bekerja setelah fajar beserta berhenti saat pudar matahari. Tujuh hari sepekan, tiga puluh hari sebulan, cuma diselingi kegiatan lain yg tak becus diabaikan: makan, tidur, ke masjid tiap Jumat, bersapaan dengan tetangga alias kenalan yg lewat.

Tema kutipan teks tersebut adalah ...
a. pendidikan
b. perjuangan
c. persahabatan
d. percintaan

26. Bacalah kutipan teks berukut!
Aku tegak di atas panggung aula madrasah sambil mengguncang-guncang telapak tanganku, Pak Rusdi, kepala sekolahku memberi selamat karena nilai ujianku termasuk uang tertinggi di Kabupaten Agam. Tepuk tangan murid, ibu bapak beserta guru terdengar riuh mengepung aula. Muka beserta kupingku bersemu merah detak jantungku melonjak-lonjakgirang. Aku tersenyum malu-malu ketika Pak Rusdi menyodorkan mik kemulutku.dia menunggu sambil menunduk, aku paksakan bicara. Yang keluar dari tenggorokanku hanyalah bisikan lirih yg bergetar karena gugup. “emm... terimakasih Pak... itu saja..” suaraku layu tercekat. Tanganku dingin

Nilaiku adalah tiket utama untuk mendaftar ke SMA terbaik. Tiga tahun aku ikuti perintah amak belajar di madrasah tsnawiyah, sekarang waktunya aku menjadi orang umumnya. Masuk jalur non agama-SMA. Alangkah bangganya kalau bisa bilang saya anak Bukit Tinggi. (A. Fuadi, 2009:5)

Contoh latar waktu yg digunakan dalam kutipan teks diatas adalah
a. Aku tegak diatas panggung aula
b. Muka beserta kupingku bersemu merah
c. Nilaiku adalah tiket utama untuk mrendaftar ke SMA terbaik
d. Tiga tahun aku ikuti perintah amak

27. Alur yg dipakai dalam kutipapan teks diatas adalah ...
a. alur maju
b. alur mundur
c. alur maju beserta alur mundur
d. alur campuran

28. Teks prosedur becus kita ketahui dari ciri-cirinya yg menggunakan kalimat ...
a. kalimat tanya
b. Kalimat perintah
c. kalimat berita
d. Kalimat wcana

29. Teks prosedur disusun dengan tujuan sebagai berikut, kecuali ....
a. menjelaskan  kegiatan yg harus dilakukan
b. menjelaskan cara untuk melakukan suatu pekerjaan
c. menjelaskan penggunaan suatu alat
d. menjelaskan sebuah objek

30. Struktur teks prosedur yg tepat adalah ....
a. tujuan, langkah, bahan beserta alat, penutup
b. tujuan, urutan langkah, penutup
c. bahan beserta alat, langkah, tujuan, penutup
d. bahan beserta alat, tujuan, langkah, penutup

Perhatikan teks berikut!
(1) Perlu belajar mematikan komputer secara benar sehingga tidak cepat rusakdan berdampak negatif. Untuk mematikan komputer ada beberapa tahap yg harus diperhatikan.
(2) Langkah-langkahnya:
• Tutup semua aplikasi yg anda gunakan.
• Klik menu start (xp)/ logo Windows (7) di pojok kiri bawah
• Pilih shutdown beserta tunggu beberapa saat hingga komputer anda benar-benar mati.
• Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol dengan monitor beserta speaker, stabilizer beserta perangkat komputer lainnya.
• Setelah itu baru cabut kabel dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghemat daya beserta mengantisipasi terjadinya korsleting listrik
(3) Selamat mematikan komputer secara benar.

31. Bagian isi teks prosedur terdapat dengan teks nomer
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (1),(2)

32. Yang merupakan kalimat penutup teks prosedur berdasarkan teks diatas adalah...
a. Untuk mematikan komputer ada beberapa tahap yg harus diperhatikan.
b. Tutup semua aplikasi yg anda gunakan.
c. Klik menu star (xp)/logo windows (7) dipojok kiri bawah.
d. Selamat mematikan komputer secara benar.

33. Langkah mematikan komputer yg tepat berdasarkan teks diatas adalah ....
a. Menutup semua apliksi yg digunakan, lalu  klik menu( xp), kemudian pilih shutdown.
b. Pilih shutdown beserta tunggu beberapa saat
c. Tekan tombol dengan monitor beserta speaker
d. Setelah komputer benar-benar mati cabut kabel dari stop kontak

34. Ciri umum dari kalimat perintah adalah ....
a. Kalimat diakhiri tanda seru (!)
b. Biasanya menggunakan partikel lah alias kan
c. Intonasi dengan bagian tengah kalimat meninggi
d. Menggunakan kata kerja pasif

35. Perhatikan kalimat di bawah ini ....
(1) Ibu mencuci piring
(2) Arman menaiki sepeda
(3) Rifki berjalan kaki menuju madrasah
(4) Ayah mencangkul di sawah

Kalimat yg menggunakan keterangan cara terdapat dengan kalimat nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

36. Berikut ini adalah kalimat yg menggunakan keterangan alat, kecuali ....
a. Siapkan beberapa buah tomat
b. Tambahkan sejumput garam
c. Haluskan wortel menggunakan blender
d. Sajikan dalam gelas

37. Cara bermain angklung
(1) Pegang angklung dengan tangan kiri
(2) Pegang dengan genggaman beserta telapak tangan menghadap ke atas ataupun ke bawah
(3) Posisikan angklung yg dipegang tegak beserta sejajar dengan tubuh. Kemudian getarkan.
(4) Sewaktu angklung digetarkan, sebaiknya dilakukan dengan frekuensi yg cukup sering sehingga suara angklung lebih halus beserta merata.

Kalimat keterangan tujuan dengan teks prosedur terdapat dengan kalimat nomer..
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

38. Kalimat dibawah ini merupakan isi dari teks prosedur. Manakah kalimat yg menunjukkan keterangan akibat?
a. Bungkuslah adonan dengan rapat
b. Minum cairan tanpa diaduk
c. Lukis kain dengan canting
d. Gorenglah hingga berwarna kecokelatan

39. Warnai gambarmu agar terlihat lebih bagus.

Imbuhan -i dengan kata mewarnai memiliki makna
a. kata kerja aktif
b. kata kerja pasif
c. kata kerja imperatif
d. Kata kerja transitif

40. Fungsi Imbuhan –kan adalah becus merubah kata kerja menjadi kata perintah.

Contoh yg tepat untuk pernyataan tersebut adalah ...
a. Es ini menghilangkan dahaga
b. Tuangkan air sedikit demi sedikit
c. Ani memerhatikan keterangan buk guru
d. Jono  mengirimkan surat untuk ibu

41. Baclah teks berikut
Pantai adalah batas antara darat dengan laut. Batas ini merupakan zona laut sampai dengan kedalaman 200m. Jadi sifat-sifat pantai sama dengan daratan. Menurut bentuknya ada empat macam pantai, yaitu pantai bertebing, pantai landai, pantai curam, beserta pantai karang

Pantai landai memiliki ciri pantai yg permukaanya relatif datar, termasuk pantai jenis ini adalah pantai mangrove, pantai bukit pasir, pantai delta, beserta pantai estari.

Teks diatas merupakan contoh teks laporan hasil observasi. Adapun struktur yg ditampkan dalam teks adalah...
a. Definisi umum, gambaran pantai, kesimpulan
b. Definisi umum, deskripsi bagian, kesimpulan
c. Deskripsi objek, deskripsi bagian, kesimpulan
d. Pernyataan umum, deskripsi bagian, kesimpulan

42. Perhatikan teks berikut ....
(1) Menyusun laporan
(2) menyusun kalimat pembuka
(3) menyusun kalimat penutup
(4) membuat judul

Langkah yg tepat untuk menyusun teks hasil observasi adalah
a. (1)-(2)-(3)-(4)
b. (1)-(3)-(2)-(4)
c. (4)-(3)-(2)-(1)
d. (4)-(2)-(1)-(3)

43. Yang menyatakan ciri isi teks hasil observasi adalah ....
a. Berisikan langkah-langkah melakukan sesuatu
b. Mendeskripsikan suatu objek
c. Terdapat panduan penggunaan
d. Isi yg dibahas adalah ilmu tentang suatu objek

44. Pernyataan umum dalam teks hasil observasi biasanya berisi ....
a. penjelasan secara rinci tentang suatu pengertian objek yg diamati
b. berisi deskripsi bagian-bagian objek
c. berisi manfaat sebuah objek
d. berisi keterangan tentang sebuah objek

45. Teks hasil observasi ditulis dengan tujuan...
a. untuk mengetahui sebuah tempat
b. untuk mengetahuan cara penggunaan sebuah alat
c. sebagai sarana informasi hasil sebuah penelitan
d. sebagai penjelas struktur teks

46. Yang merupakan ciri khusus teks laporan hasil observasi yg tepat adalah ....
a. merupakan hasil laporan penelitian tentang sebuah objek
b. merupakan pendeskripsian objek
c. merupakan panduan cara
d. merupakan petunjuk

Teks berikut untuk soal nomer 47-48
Kantong semar merupakan jenis tanaman langka karnivora. Sewaktu daun masih teruna kantong pemangsa dengan Nephentes tertutup. Lantas, terbuka ketika sudah dewasa. Namun bukan berarti kantong flora karnivora ini menutup masih teruna saja. Ia menutup diri ketika sedang mengganyang mangsa. Tujuannya supaya proses pencernaan berjalan lancar beserta tidak diganggu kawanan musuh yg siap merebut makanan yg sudah diperoleh.

47. Kalimat utama dengan teks diatas terlekat di ....
a. awal paragraf
b. tengah paragraf
c. di akhir paragraf
d. di awal beserta di akhir paragraf

48. Teks diatas mendeskripsikan tentang ....
a. Tumbuhan karnivora
b. Kantong semar sebagai jenis tanaman langka
c. Kantong semar memangsa dengan daun
d. Daun kantong semar terbuka saat masih mudan

49. Tanaman becus dikelompokkan berdasarkan cara berkembang biak ataau memperbanyak dirinya.

Kutipan paragraf diatas merupakan salah satu bagian teks hasil observasi, yaitu ....
a. pernyataan umum
b. perincian bagian
c. pendeskripsian objek
d. kesimpulan

50. Yang tidak termasuk ciri teks hasil observasi, yaitu ....
a. harus mengandung fakta
b. harus objektif
c. disajikan dalam susunan yg logis
d. memasukan hal-hal yg memihak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar