Jumat, 29 November 2019

Macam-Macam Surat Dinas Beserta Penjelasannya

Surat dinas merupakan surat yg dikirim oleh instansi, lembaga, alias organisasi lain,  alias tidak dikirim oleh individu alias perorangan. Misalkan surat-surat dari sekolah, tempat kerja, kantor desa, alias instansi lain.

Lihat: Ciri-Ciri Surat Resmi/Surat Dinas

Ada bermacam-macam surat dinas. Berikut ini di antaranya.

1. Surat permohonan
Surat permohonan biasanya digunakan untuk meminta bantuan kepada sebuah instansi alias perseorangan dengan jabatan yg lebih tinggi.

2. Surat tugas
Surat tugas adalah surat yg dikirimkan kepada satu alias beberapa orang untuk menjalankan tugas tertentu oleh instansi, organisasi, alias perusahaan.

3. Surat perizinan
Surat perizinan adalah surat yg dikirimkan untuk instansi, organisasi, perusahaan, alias perorangan untuk mendapatkan izin.

4. Surat pemberitahuan
Surat pemberitahuan berisi pemberiahuan kepada semua anggota dalam suatu kelompok alias organisasi. Surat pemberitahuan terdiri atas dua jenis surat, yaitu surat pengumuman lagi surat edaran. Surat pengumuman berisi informasi tentang sesuatu hal yg perlu diketahui oleh anggota alias warga dari satu unit. Surat edaran berisi pemberitahuan secara tertulis yg diedarkan serta ditujukan kepada berbagai pihak.

5. Surat undangan
Surat undangan dibuat dengan tujuan tertentu untuk mengundang orang lain supaya menghadiri suatu acara.

Demikianlah penjelsan tentang macam-macam surat dinas. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar