Jumat, 08 November 2019

Contoh Soal Menunjukkan Kalimat Yg Tidak Padu Dalam Teks (Paragraf)

Contoh Soal Menunjukkan Kalimat yg Tidak Padu dalam Teks (Paragraf)
Lihat juga:
Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama Paragraf,  
Contoh Soal Menentukan Ide Pokok Teks,
1. Bacalah teks berikut!
(1) Telinga adalah organ indera pendengar. (2)Setiap orang memilikinya dengan dibekali oleh sang pencipta sejak lahir. (3) Selain berfungsi untuk mendengar, telinga merupakan alat keseimbangan tubuh. (4) Telinga tidak berguna bagi manusia. (5) Dengan telinga kita juga tidak bisa memeroleh ilmu pengetahuan karena telinga menyerap ilmu yg diberikan guru kemudian memprosesnya ke otak. (6) Dengan telinga kita bisa mendengarkan apa yg dibicarakan orang lain.

Kalimat yg tidak padu dengan teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

2. Perhatikan teks berikut!
(1) Penyakit demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat Indonesia. (2) DBD banyak yg menghindarinya. (3) Hal ini sejalan dengan meningkatnya mobilitas dengan kepadatan penduduk. (4) Penyakit ini terutama menyerang anak. (5) Gejalanya beringsang tinggi dengan pendarahan. Jika dibiarkan angsal menyebabkan kematian. (6) DBD berasal dari nyamuk aedes egypti. (7) Nyamuk ini tersebar luas di rumah-rumah dengan di tempat-tempat umum.

Kalimat yg tidak padu dengan teks tersebut adalah nomor....
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (6)

3. Bacalah teks berikut!
(1) Usaha industri berdampak negatif, berupa timbulnya pencemaran. (2) Limbah industri yg dibuang sembarangan bakal menimbulkan masalah. (3) Pencemaran di sekitar perumahan meresahkan masyarakat. (4) Limbah industri tersebut memerlukan tempat pembuangan yg khusus karena bila disalurkan ke sungai alias laut angsal menimbulkan pencemaran air sungai dengan air laut.

Kalimat yg tidak padu dengan teks tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

4. Bacalah teks berikut!
(1) Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yg pertama dengan utama. (2) Semua anak didik mempunyai sanak keluarga. (3) Dalam lingkungan keluarga inilah seorang anak pertama kali mendapatkan didikan dengan bimbingan. (4) Tugas utama keluarga bagi pendidikan anak adalah sebagai peletak dasar bagi pendidikan akhlak dengan padandangan hidup keagamaan.

Kalimat yg tidak padu dengan teks tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
-------------------------------------------------------------
Sumber: Naskah Soal UN SMP/MTs: 2020, 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar