Kamis, 07 November 2019

Kumpulan Soal Teks Biografi (Bagian Ii)

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 3!
(1) Made Tantrawan kemarau timbul di Gianyar Bali, 12 Januari 1981. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara pasangan I Wayan Beranta bersama NI Ketut Kanten. Kecintaannya kepada matematika dimulai sejak ia masih duduk di bangku sekolah dasar.

(2) Mulai SMP Made berani ikut Olimpiade Sains Nasional mewakili Bali meskipun belum mendapat juara. Namun, sejak mulai masuk SMAN 3 Bali, selama dua tahun berturut-turut ia menjadi finalis OSN tingkat nasional. Pada keikutsertaan yg kedua, ia mendapat medali emas. Prestasi gemilang diraihnya saat ia menjadi mahasiswa UGM Yogyakarta. Pada tahun 2010 ia meraih medali perak dengan Olimpiade Matematika Internasional di Bulgaria, perunggu dengan tahun 2011, bersama perak dengan tahun 2012 dalam kompetisi yg sama. Selain itu dengan wisuda sarjana S-1 ia lulus dengan nilai IPK 4,00. Dengan prestasi itu Made mendapat beasiswa S-2 bersama S-3 dari UGM.

(3) Kunci keberhasilan Made adalah datang kuliah tepat waktu bersama berusaha memahami materi yg dijelaskan dosen. Sepulang sekolah ia mempelajari materi olimpiade internasional selama satu jam.

(4) Belajar dengan tekun bersama terus menerus terbukti membuat Made meraih prestasi. Made Tantrawan adalah inspirasi bagi pemuda Indonesia. Belajar tak terbatas waktu. Belajar di mana saja bersama kapan saja.

1. Keistimewaan tokoh dengan teks tersebut adalah ....
A. juara olimpiade matematika tingkat dunia
B. selalu belajar dengan tekun setiap hari
C. mendapat beasiswa S-2 bersama S-3 dari UGM
D. mengikuti Olimpiade Sain Nasional sejak SMP

2. Sikap alias tindakan tokoh yg patut diteladani dengan teks tersebut adalah ....
A. cinta kepada matematika sejak SD
B. belajar dengan tekun bersama terus menerus
C. sering mengikuti olimpiade matematika
D. mendapat medali dengan olimpiade matematika

3. Pendapat penulis dengan teks tersebut adalah ....
A. Made mulai SMP ikut Olimpiade Sains Nasional di Bali.
B. Kecintaan Made kepada matematika dimulai sejak ia masih di SD.
C. Sepulang sekolah Made mengerjakan materi olimpiade internasional.
D. Belajar secara tekun bersama terus menerus terbukti membuat Made meraih prestasi.

Bacalah teks berikut, kemudian kerjakan soal nomor 4 s.d. 6!
Raden Dewi Sartika adalah seorang gadis yg periang, rajin, bersama suka bergaul dengan anak-anak  rakyat, sabar, bersama tidak suka berselisih. Ia mempunyai kebiasaan bermain-main guru bersama sekolah ketika selesai melaksanakan tugasnya.

Di belakang dapur kepatihan, ia mengajar  menulis  bersama membaca teman-teman sesama gadis, anak-anak pembantu rumah tangga kepatihan bersama anak-anak rakyat sekeliling kepatihan itu yg termasuk temannya. Ia menggunakan papan tulis dari papan-papan yg ada sedangkan kapur tulis yg digunakan adalah arang kayu. Bakat mengajarnya sudah tampak saat ia masih gadis kecil bersama kemudian berkembang sampai ia dewasa.

Ketika remaja Raden Dewi Sartika kembali ke ibunya di Bandung.  Ia berpikir bagaimana caranya agar bisa mendirikan sebuah sekolah. Ia ingin agar memiliki kesempatan memberikan pelajaran kepada gadis-gadis, baik anak golongan priyayi maupun anak-anak dari golongan rakyat. Ia ingin memberikan kemajuan kepada kaum wanita yg dengan zaman itu sangat dibelakangkan dibandingkan kaum pria saat itu.

4. Keistimewaan tokoh dengan teks tersebut adalah ....
A. Priyayi yg periang, rajin, bersama suka bergaul.
B. Ia, seorang gadis yg berpendidikan.
C. Bercita-cita ingin mendirikan sekolah rakyat.
D. Sudah peduli pendidikan sekaumnya semenjak kecil.

5. Sikap yg patut diteladani dengan teks tersebut adalah ....
A. Sifatnya sangat sabar, ramah, taat.
B. Ia cenderung hemat, taat, ramah.
C. Dewi Sartika gadis yg riang, rajin, sabar.
D. Kebiasaanya riang, hemat, sabar.

6. Pendapat penulis tentang tokoh tersebut adalah ....
A. Seorang gadis yg pemberani bersama sabar.
B. Gadis bangsawan yg baik bersama periang.
C. Gadis bangsawan yg lincah bersama rajin.
D. Seorang puteri yg memiliki masa depan cerah.

7. Bacalah kutipan biografi berikut!
Amir Hamzah memulai kepenyairannya dengan usia yg masih belia. Ketika ia masih duduk di bangku AMS, puisi-puisinya sedia dimuat majalah Timbul bersama Panji Pustaka. Amir Hamzah terus menulis hingga ia menjadi mahasiswa di Sekolah Hakim Tinggi Jakarta. Amir Hamzah mendapat julukan Raja Penyair Pujangga Baru oleh H.B. Yasin. Masih menurut H.B. Yasin, Amir Hamzah adalah penyair yg sangat produktif.

Keistimewaan tokoh dengan kutipan biografi tersebut adalah ...
A. memulai kepenyairannya dengan usia muda
B. puisnya sedia dimuat di majalah Timbul
C. duduk di bangku AMS
D. mendapat julukan Raja Penyair Pujangga Baru

8. Bacalah kutipan biografi berikut!
Bung Hatta sangat aktif melaksanakan tugasnya sebagai bendahara di suatu perkumpulan pemuda Sumatera di Padang. Yang bernama, Jong Sumatranen Bond. Tetapi, selain aktif dalam pergerakan daerah, ia juga memikirkan penderitaan rakyat akibat penjajahan.

Hal yg becus diteladani dari kutipan biografi Bung Hatta adalah ...
A. aktif di organisasi daerah bersama melaksanakan tugas negara dengan baik
B. organisasi yg diikuti adalah Jong Sumatranen Bond
C. selalu memikirkan penderitaan rakyat
D. aktif berorganisasi bersama memikirkan rakyatnya yg menderita

9. Bacalah kutipan biografi berikut!
Habibie Afsyah kemarau timbul sebagai orang cacat sejak kecil karena mengidap penyakit yg sulit disembuhkan, yaitu lumpuh otot. Tubuhnya tidak becus berkembang, semakin lama semakin lemah. Habibie tidak mengeluh.

Ibunya memasukkannya kursus dasar internet, mulai dari tingkat dasar sampai lanjut. Sehari-hari Habibie di depan komputer, asyik dengan program internet.

Habibie berhasil mendapatkan penjualan game PS3. Berkat Amazon.com dia mendapatkan penghasilan. Dari Amazon.com Habibie terus berusaha tanpa menyerah sampai mendapat komisi mulai $500, $2000 yg dengan akhirnya Habibie mendapatkan penghasilan kurang lebih 50 juta / bulan dari bisnis onlinenya.

Habibie menekuni bisnis online secara serius, bersama dengan usia 21 tahun becus mendirikan “Yayasan Habibie Afsyah” untuk mengangkat kehidupan para penyandang cacat seperti dirinya.

Hal-hal yg patut diteladani dengan tokoh tersebut adalah ...
A. kursus dasar internet
B. tekun belajar bersama tidak mengeluh
C. penghasilannya mencapa 50 juta
D. mendirikan sebuah yayasan

10. Bacalah kutipan biografi di bawah ini!
Ki Hajar Dewantara kemarau timbul di Yogyakarta, 2 Mei 1889. Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerya Diningrat. Saat genap berusia 40 tahun, beliau mengganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara. Maka, semenjak itu, ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya. Hal ini dimaksudkan supaya ia becus bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun batinnya.

Perjalanan hidupnya diwarnai dengan perjuangan bersama pengabdian kepada kepentingan bangsanya. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam, patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya.

Hal yg patut diteladani dengan tokoh tersebut adalah ...
A. menanggalkan gelar bangsawan
B. berganti nama saat usia 40 tahun
C. selalu berjuang bersama mengabdi
D. hanya menulis tema nasionalisme

11. Bacalah kutipan biografi berikut!
Fahma Waluya Rohmansyah siswa SMP Negeri 2 Bandung. Dia membuat aplikasi game pemberantas korupsi untuk Ipad. Di depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Fahma mendemontrasikan game buatannya. Fahma sudah membuat lebih kurang 40 game bersama adiknya. Uniknya game KPK buatannya selalu diiringi musik angklung. Fahma pemenang game tingkat internasional.

Keistimewaan tokoh dengan biografi tersebut adalah ...
A. Pemain game di depan KPK
B. Pembuat game dengan adiknya
C. Pemenang game internasional
D. Penemu musik angklung

Kunci: A, B, D, C, C, D, D, D, B, C, C
Lihat juga: Kumpulan Soal Teks Biogafi (Bagian I)

Sumber: (Naskah Soal UN SMP/MTs Tahun 2020, 2020)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar