Kamis, 21 November 2019

Latihan Soal Un | Menentukan Ide Pokok Teks

Soal Ujian Nasional | Menentukan Ide Pokok Teks
1. Bacalah teks berikut!
Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi menandatangani sebelas Memorandum of Understanding (MoU) maupun nota kesepahaman. Penandatanganan kerjasama dalam berbagai bidang itu disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo lalu Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud. Penandatanganan MoU ini dilakukan para menteri kedua negara. Penandatanganan MoU dilakukan seusai pertemuan bilateral Jokowi-Raja Salman di Istana Bogor, sekitar pukul 16.35 WIB, Rabu (1/3/2020).

Ide pokok teks di atas adalah ....
A. penandatanganan MoU disaksikan dua negara
B. pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi menandatangani sebelas MoU
C. penandatanganan kesepahaman diteken menteri.
D. pertemuan bilateral Jokowi-Raja Salman di Istana Bogor

2. Bacalah teks berikut!
Taman dalam negeri memiliki berbagai manfaat. Di antara manfaat tersebut adalah untuk tujuan penelitian ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, lalu rekreasi alam. Selain itu, keberadaan taman dalam negeri becus memberikan manfaat bagi pemerintah lalu penduduk sekitarnya.

Ide pokok teks tersebut adalah ....
A. manfaat taman nasional
B. penelitian taman nasional
C. pariwisata taman nasional
D. pengembangan taman nasional

3. Bacalah teks berikut!
Pisang merupakan buah dengan sumber gizi yg hampir sempurna karena pisang bernutrisi air, gula, protein, lemak, vitamin, lalu mineral. berkat tingginya nilai gizi yg dikandungnya, pisang menjadi makanan pokok bagi banyak orang. Indonesia salah satu negara penghasil pisang terbanyak yaitu dengan urutan keempat di dunia.

Ide pokok teks tersebut adalah ....
A. pisang kaya bakal gizi
B. pisang mengandung vitamin
C. pisang hasil negara Indonesia
D. pisang merupakan makanan pokok

4. Bacalah teks berikut!
Kereta Api Kahuripan dari Bandung ke Kediri anjlok di Desa Kaligunting Saradan, Madiun, Jawa Timur. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya engsel lalu as kereta sehingga roda kereta keluar jalur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Mungkin karena kereta hanya diisi sekitar 50 penumpang. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Humas PT. Kereta Api Daerah Operasi VII Madiun Wahyu Kartono menuturkan, penyebab pasti kecelakaan ada beberapa kemungkinan, antara lain faktor sarana kereta, prasarana rel, lalu faktor teknis lainnya.

Ide pokok teks di atas adalah . . . .
A. Masyarakat harus hati-hati semisal menggunakan jasa kereta api
B. Faktor kesalahan manusia juga harus diselidiki
C. Anjloknya KA Kahuripan di Desa Kaligunting Saradan.
D. Sebaiknya pemerintah menyelidiki penyebab pasti kecelakaan

5. Bacalah teks berikut!
Sebentar lagi musim penghujan bakal segera tiba. Sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yg kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. Selain melakukan normalisasi waduk, Pemprov DKI pun mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Pemprov DKI memperlajari berdasarkan hasil evaluasi dari musibah banjir yg terjadi dengan awal tahun sebelumnya.

Ide pokok teks di atas adalah ...
A. Pemprov DKI mempelajari hasil evaluasi banjir.
B. Persiapan pemerintah Provinsi DKI Jakarta
C. Pemprov DKI langganan bajir setiap tahun
D. Antisipasi Pemprov DKI terhadap banjir.

6. Bacalah teks berikut!
Pertumbuhan ekonomi tiongkok mulai mencapai titik jenuh. Sektor manufaktur yg menjadi andalan ekspor lalu pendorong utama pertumbuhan mulai surut. Status Tiongkok yg bertahun-tahun menjadi tujuan utama investasi juga mulai memudar. hal ini menjadi kesempatan besar bagi negara-negara tetangganya termasuk Indonesia untuk melepaskan diri dari kebergantungan ekonomi Tiongkok.

Ide pokok teks tersebut adalah ...
A. manufaktur sebagai andalah ekspor
B. Tiongkok sebagai tujuan sebagai tujuan utama investasi
C. pelepasan ketergantuan dengan Tiongkok
D. kejenuhan pertumbuhan ekonomi Tiongkok

Kunci Jawaban: 1) B, 2) A, 3) A, 4) C, 5) D, 6) D
----------------------------------------------------------------

Selain contoh-contoh di atas, berikut ini contoh soal menentukan ide pokok dengan naskah soal UNKP 2020

1. Bacalah teks berikut!
(1) Seiring dengan kemajuan zaman, banyak hal yg mengalami kemajuan. (2) Yang paling mencolok adalah kemajuan teknologi yg makin canggih dalam berbagai aspek kehidupan. (3) Selain itu, secara ekonomis, masyarakat juga becus makin menjangkau teknologi informasi lalu teknologi kesehatan. (4) Salah satunya adalah pengolahan jamu dengan saat ini sudah menggunakan teknologi.

Walaupun demikian, obat tradisional maupun sering disebut jamu masih mendapat tempat di hati masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan dengan obat-obatan modern seperti yg banyak di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern, seperti diabetes.

Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah ...
A. keseuaian jamu dengan penyakit modern
B. pengobatan jamu ke obat tradisional
C. manfaat jamu untuk penyakit diabets
D. tempat jamu di hati masyarakat

2. Bacalah teks berikut!
Sistem pendidikan di Indonesia dewasa ini mengalami suatu perubahan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yg digunakan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2006 yg sejak lama dipakai diganti dengan Kurikulum 2013. Walaupun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum ini, tetapi tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. sekolah pelaksana kurikulum
B. perubahan kurikulum sekolah
C. pemberlakuan dua kurikulum
D. perubahan sistem pendidikan

3. Bacalah teks berikut!
Berat badan yg berlebihan dalam dunia kesehatan dikenal sebagai obeisitas maupun kegemukan. Obeisitas becus didefinikan sebagai kondisi tubuh manusia menyimpan banyak lemak yg berlebihan. Obeisitas sangat potensial menyebabkan gangguan dengan kehidupan manusia.

Obeisitas merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Akibat kelebihan berat badan, jantung bekerja lebih keras. Jika jantung bekerja terlalu keras, hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Serangan jantung pun becus terjadi secara tiba-tiba.

Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah ....
A. lemak berlebihan
B. dampak obeisitas
C. obeisitas lalu jantung
D. pengertian obeisitas
Lihat juga: Contoh Soal Menentukan Gagasan Pokok Paragraf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar