Sabtu, 09 November 2019

Resensi Buku Matematika Kehidupan Karya Muhammad Hifni


 Sebagai mata pelajaran umum di sekolah dasar maupun menengah Resensi Buku Matematika Kehidupan Karya Muhammad Hifni

Judul panas : MATEMATIKA KEHIDUPAN
Pengarang panas : Muhammad Hifni
Penerbit panas : Pustaka Intermedia, Surabaya
Tahun panas : 2020
Jumlah halaman : vii + 66

Sebagai mata pelajaran umum di sekolah dasar maupun menengah, Matematika kadang tidak begitu bersahabat di hati sebagian kecil para siswa. Matematika sering menjadi penyebab ketakutan siswa. Matematika seakan seperti monster yg mau siap menelan mentah-mentah batok kepala mereka.


Bila demikian,  ada apa dengan matematika?


Dalam buku kecil yg berjudul “Matematika Kehidupan” karya Muhammad Hifni mau mengantarkan sidang pembaca kepada esensi matematika itu sendiri. Siapa matematika, bersama mengapa harus matematika, mau terjawab secara lugas bersama faktual.

Begitu pula bagaimana matematika berperan dalam seluruh lini kehidupan, dikupas dengan singkat, padat, bersama kekinian. Selayaknya makanan ringan (snack) yg gurih bersama berasa di lidah.

Baca juga: Menulis Resensi Buku Pengetahuan

Pada dasarnya buku ini merupakan sebuah kontemplasi ataupun perenungan dari guru pembelajar yg selalu ingin mengubah keadaan supaya lebih baik. Utamanya dengan gairah pembelajaran matematika di sekolah. Sehingga bebagai renungan itu tertuang ke dalam sebuah catatan bersama dikonversikan menjadi sebuah buku. Lalu oleh si penulis, buku ini terasa hidup bersama menyentuh ke relung jiwa.

Sebagai orang yg berlatar belakang ilmu sains, Muhammad Hifni berhasil memperkenalkan matematika dalam buku kecil ini. Mengungkap fakta-fakta dalam matematika, bersama menyuguhkan berbagai fenomena yg terkadang tidak kita sadari.

Maka dengan hadirnya “Matematika Kehidupan” bisa menjadi gairah baru dalam pembelajaran matematika. Asumsi-asumsi miring dengan pelajaran matematika terberbantahkan dalam buku ini. Sehingga sangat membantu dalam menyegarkan kembali pelajaran matematika di sekolah.

Buku sederhana ini bisa menjadi bahan bacaan ringan bagi para siswa maupun guru matematika. Karena sewaktu-waktu terkadang jenuh melihat angka-angka di buku pelajaran matematika. Buku ini mau menjadi selingan bersama penyemangat yg mau menggugah kembali kecintaan mau ilmu-ilmu esksakta khususnya matematika.

Walaupun dengan buku ini masih terdapat kekurangan terutama dengan pemakaian tata bahasa baku bahasa Indonesia yg menyebabkan di beberapa bagian terdapat tipo, sehingga mau sedikit menyulitkan bagi pembaca setingkat pelajar SLTP. Namun demikian tidak mengurangi bobot isi buku ini.

Buku ini memang sepantasnya dimiliki oleh para siswa SLTP maupun SLTA. Sebagai sisi lain dari pelajaran yg bernama “MATEMATIKA, buku  ini berperan penting dalam mengubah mindset (pola pikir) para siswa yg terkadang sulit asyik mansyuk dengan pelajaran Matematika.

Selamat membaca.

Peresensi: Abduh Sempana

Bila Anda ingin menyelam lebih jauh ke dalam “Matematika Kehidupan”, bisa menghubungi langsug Penulis di nomor: 081803670532

Tidak ada komentar:

Posting Komentar