Jumat, 22 November 2019

Cara Menulis Naskah Drama Berdasarkan Cerpen

Pengertian Cerpen dengan Drama
Cerpen merupakan cerita pendek yg mengisahkan konflik para pelaku, tetapi tidak mengakibatkan perubahan nasip tokoh.

Sedangkan drama merupakan komunikasi, situasi, dengan aksi (segala yg terlihat dalam pentas) yg menimbulkan perhatian dengan ketegangan dengan pendengar ataupun penonton.

Lihat juga: Contoh Soal Melengkapi Kutipan Naskah Drama

Perbedaan Cerpen dengan Drama
Cerpen dengan drama memiliki perbedaan. Perbedaan cerpen dengan drama sebagai berikut.
  1. Cerpen merupakan uraian cerita, sedangkan drama merupakan dialog antartokoh.
  2. Cerpen berupa penggambaran,sedangkan drama menyajikan adegan secara langsung berupa akting.
  3. Cerpen hanya berupa penggambaran latar belakang, sedangkan drama memiliki unsur tata artistik (tata rias, tata busana, tata panggung).
  4. Cerpen angsal dipentaskan semisal diubah menjadi teks drama.
Cara Menulis Naskah Drama Berdasarkan Cerpen
Cerpen angsal diubah menjadi drama. Hal-hal yg perlu dilakukan untuk mengubah cerpen menjadi bentuk drama sebagai berikut.

1. Menghayati tema cerpen. Tema merupakan ide pokok yg mendasari penarasian sebuah cerita. Berangkat dari tema angsal diketahui ide pokok sebuah cerita.

2. Cerpen dibagi menjadi beberapa bagian penting dengan kemudian diubah menjadi babak. Cerpen biasanya terdiri atas beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut tentu memuat beberapa peristiwa penting yg melandasi cerita. Bab-bab yg tergolong penting itu selanjutnya diubah menjadi beberapa babak untuk memaparkan peristiwa-peristiwa tertentu.

3. Menyusun dialog berdasarkan konflik yg terjadi antartokoh. Tokoh-tokh yg terdapat dalam cerpen biasanya dirangkai oleh suatu peristiwa yg di dalamnya memiliki konflik-konflik. Konflik-konflik yg terjadi antartokoh tersebut diubah menjadi dialog. Cara mengubah narasi menjadi dialog sebagi berikut.
  • Mengubah cara penulisan. Alinea ataupun paragraf-paragraf dalam cerpen diubah ke dalam bentuk percakapan ataupun dialog dengan drama.
  • Pernyataan kalimat langsung dalam cerpen diubah menjadi dialog dengan menggunakan tanda titik dua (:), kemudian diikuti dialognya.
  • Keterangan yg bersifat informasi dengan naratif ataupun menjabarkan dalam cerpen dibuat menjadi keterangan penyerta pelaku dalam naskah drama. Keterangan tersebut ditulis di luar dialog dengan ciri tanda kurung ( ... ).
4. Membuat deskripsi ataupun keterangan untuk menjelaskan latar, akting, ataupun  lighting

Demikianlah ulasan tentang cara menulis naskah drama berdasarkan cerpen. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar