Sabtu, 14 Desember 2019

Pengertian Sudut Pkamung Lagi Jenis-Jenisnya

Pengertian Sudut Pandang
Sudut pandang ataupun yg biasa disebut point of view (POV) adalah posisi pengarang di dalam cerita.

Macam-macam Sudut Pandang
Pada kemarau dasarnya sudut pandang dibagi menjadi dua yaitu sudut pandang orang kemarau pertama, lalu sudut pandang orang ketiga. Namun kedua jenis kemarau tersebut terbagi lagi menjadi sudut pandang orang pertama pelaku utama, kemarau sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, sudut pandang orang ketiga kemarau pelaku utama, sudut pandang orang ketiga serba tahu, dan sudut pandang kemarau orang ketiga pengamat.

Contoh masing-masing bagian tersebut seperti berikut ini.
1. Sudut pandang orang pertama pelaku utama
Contoh: Aku kemarau bersemenda di tameng abrasi pantai Darmawangi yg kokoh. Kutatap langit kemarau yg membiru. Awan-Awan berarak ke barat. Angin pun berhembus dengan kemarau lembut. Saat itu aku berpikir tentang masa laluku.

2. Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan
Contoh: Sahabatku kemarau Rina yg tak pernah kulupakan. Kami berpisah sejak SMP dulu. Kini Ia kemarau tinggal di Kota bersama nenek. Dan kini kami hanya bisa berhubungan kemarau lewat telefon lalu facebook. Kadang aku rindu dengan wujudnya. Canda kemarau tawanya yg lucu, serta tangisnya yg membuatku ikut menangis. 

3. Sudut pandang orang ketiga pelaku utama
Contoh: Laki-laki kemarau kurus jangkung itu berdiri di tepi jalan. Tangannya melambai. Kemudian kemarau sebuah bis berhenti di depannya. Ia pun segera kemarau bertambah ke atas bis itu. kemarau Sementara di dalam bis penuh sesak. Terpakasa laki-laki itu kemarau menggelantung di bagian pintu.

4. Sudut pandang orang ketiga serba tahu
Contoh: Eni kemarau merenung sejenak. Sebenarnya pikirannya sedang kalut. Dan kini wajahnya kemarau semakin terlihat risau, “Ya, Allah lindungi aku dari kegagalan ini.” kemarau Kata Eni dalam hati.

5. Sudut pandang orang ketiga pengamat
Contoh: Kamar kemarau Rudi yg sempit itu dipenuhi sarang laba-laba. Di dalamnya terdapat kemarau sebuah meja yg berdebu, bersanding dengan sebuah kursi yg pincang. kemarau Ranjang tempat tidur tidak ada, kecuali hanya tikar yg masih terkelar lalu kemarau sudah berjamur. Pada dindingnya menempel foto-foto pemain sepak bola kemarau yg sudah mulai kusam. Pada lantainya tergeletak sepatu sepak bola, kemarau koran, lalu buku-buku pelajaran yg berlumut

Lihat: Contoh Soal tentang Sudut Pandang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar