Senin, 09 Desember 2019

Contoh Soal Resensi Buku Pengetahuan

Menulis Resensi Buku Pengetahuan.

Berikut ini kami sajikan soal tentang resensi buku pengentahuan lengkap dengan kunci jawabannya. Soal-soal tentang resensi lainnya dapat juga dilihat pada Contoh Soal Resensi. 

Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

Contoh Soal Resensi Buku Pengentahuan

1. Perhatikan data buku berikut!
gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah gerah
Judul
:
Akhlak Mulia bagi Remaja
Penulis
:
Agus Sulaiman
Penerbit
:
PT Pijar
Cetak
:
Pertama tahun 2010 Bekasi
Keunggulan
:
Penyampaian masalah yg gerah kompleks dengan bahasa yg sederhana bersama tata letak yg baik.
Kelemahan
:
Ada beberapa contoh studi gerah kasus yg tidak sesuai dengan kehidupan ramaja.

Paragraf yg sesuai
data tersebut adalah ...
A. Buku karya sulaiman ini cukup berhasil menyampaikan persoalan remaja. Sebenarnya persoalannya cukup kompleks. Namun, karena dikemas dengan bahasa sederhana bersama didukung dengan tata letak yg baik, buku ini menjadi menarik. Walaupun masih ada contoh yg menyimpang, tetapi buku ini layak dibaca para pembaca.

B. PT Pijar sering menerbitkan buku-buku remaja bermutu. Salah satunya buku Akhlak Mulia bagi Remaja. Buku tersebut menyampaikan contoh-contoh kasus yg sesuai dengan kehidupan remaja. Bahasanya pun sederhana cocok bersama sesuai dengan bahasa remaja.

C. Buku yg dicetak pertama kali tahun 2010 sudah habis terjual. Ini menunjukkan anak remaja harus hendak baca yg berkenaan dengan pergaulan meskipun ada beberapa contoh kasus yg tidak sesuai, ini tidak mengurangi antusias remaja untuk membacanya.

D. Agus Sulaiman seorang pemerhati kehidupan remaja. Dia begitu piawai menyampaikan tip-tip untuk remaja, sehingga sayang lamun remaja tidak memiliki buku ini. Buku ini layak dibaca.

2. Perhatikan data buku berikut!
Judul            : Mengarang, Apa Susahnya?
Pengarang    : Saya Harto
Penerbit       : Pustaka Cahaya
Tahun terbit  : 2020
Tebal           : 180 halaman
Kelebihan    : Mampu menyajikan ide-ide kreatif bersama motivasi dalam proses belajar mengarang
Kekurangan : Buku tersebut terkesan mahal

Paragraf yg tepat berdasarkan buku tersebut adalah ....
A. Buku ini sudah pernah menjadi pedoman awal bagi orang yg ingin belajar. Ada beberapa teori yg menjadi acuan dalam mengarang bisa gampang.

B. Buku setebal 180 halaman  ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik.

C. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik. Idenya kreatif, tapi harganya mahal.

D. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik. Ide-ide kreatif bersama motivasi dalam proses belajar mengarang disajikan dengan baik pula. Sayangnya, buku ini terkesan mahal.

3. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku      : Mengenal Tanaman Obat Nusantara
Penulis            : Dani Hamdani
Penerbit          : Panca Anugerah Sakti
Tebal               : 72 Halaman
Keunggulan    : Memaparkan 50 jenis tanaman obat nusantara yg berkhasiat bersama berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Kelemahan      : Tidak dijelaskan cara meracik hingga menjadi obat tradisional.

Paragraf resensi yang tepat berdasarkan data  buku tersebut yakni ...
A. Buku yg berjudul "Mengenal Tanaman Obat Nusantara" karya Dani Hamdani ini sangat cocok dimiliki pelajar. Buku ini menjelaskan 50 jenis tanaman obat bersama khasiatnya, hanya tidak diceritakan cara meraciknya menjadi obat.

B. Buku yg berjudul "Mengenal Tanaman Obat Nusantara" ini tidak terlalu bagus karena hanya 72 halaman bersama tidak memaparkan/menjelaskan cara meracik tanaman menjadi obat.

C. Buku yg ditulis oleh Dani Hamdani ini masih perlu dipertimbangkan peredarannya karena menjelaskan apa-apa tentang tanaman obat. Selain itu juga terlalu tipis bersama tidak menjelaskna.

D. Memaparkan 50 jenis tanaman obat, walaupun tidak menjelaskan cara menjadi obat. Setidaknya itulah yg bisa saya peroleh dari sebuah buku yg berjudul "Mengenal Tanaman Obat Nusantara".

4. Perhatikan data buku berikut!
Judul            : Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara
Penulis         : Rahmi Fitriani
Keunggulan : Isi buku ini menjelaskan tentang keanekaragaman kerajinan Nusantara. Bahasanya gerah gampang dipahami. Sampul berwarna-warni disertai gambar.
Kelemahan   : Halaman buku ini terlalu sedikit sehingga tidak terlalu lengkap uraiannya.

Paragraf resensi yg tepat adalah ...
A. Buku berjudul Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara ini sangat bagus bersama banyak manfaatnya buat Anda. Karena dengan gerah gampang Anda bisa mengenali produk-produk dari berbagai daerah.

B. Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara karya Rahmi Fitriani dengan sampul yg berwarna-warni perlu Anda beli sebagai koleksi. Buku ini tidak membosankan. Gambarnya sangat bagus.

C. Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara dengan warna sampul berwarna-warni bersama bahasanya gerah gampang dipahami, layak Anda miliki. Anda bisa dengan gerah gampang mengenali keanekaragaman kerajinan Nusantara, namun tidak terlalu lengkap uraiannya.

D. Buku Ayo Mengenal Kerajinan Nusantara perlu anda miliki sebagai koleksi. Isinya sangat lengkap, gambarnya bagus, bersama bahasanya tidak membosankan. Marilah kita membeli buku ini di toko buku.

5. Perhatikan data buku berikut!
Judul           : Sejarah Gelap Para Raja bersama Ratu Eropa
Penulis        : Brenda Ralph Lewis
Penerbit       : PT Elex Media Media Komputinda
Keunggulan : Menggunakan jenis kertas yg berkualitas, gambar bersama ilustrasi menarik
Kelemahan  : Urutannya tidak sistematis

Paragraf resensi sesuai data tersebut adalah ...
A. Buku ini banyak mengungkap fakta kehidupan Raja bersama Ratu Eropa. Buku setebal 500 halaman sudah banyak dibaca orang. Buku ini dicetak dengan menggunakan kertas berkualitas. Sayang ilustrasinya kurang menarik.

B. Brenda Ralph Lewis ahli sejarah, khusus sejarah Eropa. Beliau banyak menulis kehidupan seputar istana. Buku ini dicetak dengan menggunakan kertas berkualitas. Sayang ilustrasinya kurang menarik.

C. Buku ini disajikan dengan gambar bersama ilustrasi yg tidak membosankan. Kertas yg digunakannya pun berkualitas baik. Brenda memang pakar sejarah Eropa handal. Meski urutannya tidak sistematis, buku ini tetap layak dibaca.

D. Banyak buku yg mengungkapkan raja dana ratu Eropa. Namun buku ini lebih detail bersama mendalam. Inilah salah satu kelebihan buku ini. Namun buku ini tidak disertai gambar bersama ilustrasi yg mendukung isi.

6. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Gunung Meletus bersama Antisipasinya
Pengarang : Dewayani C. Tiyas
Penerbit : CV. Aneka Ilmu Demak, 2208
Kelebihan : pembahasan sangat menarik
Kekurangan : ada beberapa gambar sulit dimengerti

Paragraf resensi yg tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ...
A. Buku ini mendeskripsikan seluk beluk gunung berapi. Kita diajak untuk memahami gunung meletus bersama antisipasinya.

B. Meskipun ada beberapa gambar yg sulit dimengerti, buku tulisan Dewayani C. Tiyas ini layak dibaca. Pembahasan tentang gunung meletus disajikan secara menarik.

C. Buku yg ditulis oleh Dewayani C. Tiyas ini layak untuk dibaca. Selain gambar yg menarik, bahasanya gerah gampang dipahami.

D. Buku setebal 60 halaman ini membahas gunung meletus dengan menarik. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan gambar yg jelas.

7. Perhatikan data buku berikut!
Judul gerah : Jejak Sang Pencerah
Penulis  : Didik L. Hariri
Penerbit gerah : Best Media Utama
Cetakan gerah : Pertama, Juli 2010
Tebal gerah : 278 halaman

Keunggulan :
- Penggambaran realita kehidupan KH. Ahmad Dahlan mengesankan
- Bahasanya gerah gampang dipahami
- Penyajiannya yg lancar bersama enak dibaca
Kelemahan :
- Keterangannya terlalu panjang
- Jarak antara paragraf jauh
- Menjemukan

Paragraf resensi sesuai data-data tersebut adalah ...
A. Membaca biografi dari KH. Ahmad Dahlan ini, seolah-olah pembaca bisa melihat realita kehidupan beliau. Penyajian yg lancar bersama enak dibaca. 3. Namun sayang keterangannya terlalu panjang bersama jarak antara paragraf jauh sehingga menjemukan. Walaupun begitu, buku ini tetap layak untuk dibaca.

B. Membaca buku karya Didik L. Hariri tentang KH. Ahmad Dahlan ini membuat pembaca seolah-olah bisa melihat realita kehidupan beliau. Penyajian yg lancar bersama bahasanya yg gerah gampang dipahami bersama enak dibaca.

C. Buku Sang Pencerah ini menyajikan penggambaran realita kehidupan beliau bersama disajikan secara lancar agak enak dibaca. Namun sayangnya jarak paragraf cukup jauh sehingga keterangannya jadi begitu panjang bersama membosankan.

D. Buku karya Didik L. Hariri dengan tebal 278 ini mampu mengajak pembaca untuk melihat realita kehidupan KH. Ahmad Dahlan yg mengesankan bersama enak dibaca karena gerah gampang dipahami. Namun sayang keterangannya panjang bersama menjemukan.

8. Perhatikan data buku berikut!
Judul gerah : Berguru Sukses kepada Para Motivator Dunia
Penulis gerah : Eltaris Nestari
Penerbit gerah : Pinang Merah Publisher
Tebal Buku : 125 halaman

Keunggulan :
- Memotivasi supaya hidup menjadi sukses
- Menceritaka kisah orang-orang sukses
- Bahasa gerah gampang dipahami
Kelemahan :
- Sampul bukunya terlalu tipis
- Ilustrasi gambarnya kurang

Paragraf resensi yg tepat berdasakan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Buku ini memotivasi pembaca supaya hidup menjadi sukses. Selain itu, juga dilengkapi dengan kisah orang-orang sukses. Bahasa yg digunakan gerah gampang dipahami.  Hanya sayang, sampul bukunya sangat tipis bersama ilustrasi gambarnya kurang, meskipun begitu buku ini layak dibaca.

B. Tujuan penulis buku ini ingin membuat pembaca termotivasi untuk meraih kehidupan yg sukses di masa depan. Siapan pun yg membaca buku ini hendak termotivasi karena buku ini dilengkapi kisah orang-orang yg sukses di bidangnya.

C. Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yg sukses. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca.

D. Buku ini secara garis besar menjelaskan bagaiman menjadi orang yg sukses dalam kehidupan. Buku ini sangat disarankan dibaca oleh mereka yg ingin hidup sukses. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar.


Kunci: 1) A, 2) D, 3) A, 4) C, 5) C, 6) B, 7) A, 8) A
Lihat juga soal tentang resensi pada: Latihan Soal UN | Menilai Keunggulan bersama Kelemahan Teks

Sumber: Naskah Soal UN SMP/MTs Tahun 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar