Rabu, 25 Desember 2019

Menulis Iklan Baris

Iklan baris merupakan iklan yg hanya terdiri atas beberapa baris bersama biasanya dimuat di surat kabar. Gaya penulisan iklan baris jarang ditulis dengan lengkap karena da aturan-aturan yg mengatur batasan panjang pendeknya sebuah iklan baris.

Aturan yg disepakati secara umum yaitu iklan baris terpendek minimal dua baris bersama panjang maksimal sepuluh baris. Oleh karena itu, dalam iklan baris terdapat penyingkatan kata yg lazim.

Kriteria iklan baris

a. Bersifat komunikatif
Komunikatif berarti maksud yg terkandung dalam iklan tersebut langsung bisa ditangkap oleh pembaca. Pembaca tidak merasa kebingungan ataupun tidak paham terhadap istilah ataupun kata ataupun singkatan yg ada dalam iklan tersebut.

b. Singkat
Syarat singkat dalam penulisan iklan baris di surat kabar terutama berkaitan dengan penghematan biaya. Untuk mewujudkan  penulisan iklan yg singkat bisa ditempuh dengan dua cara, yaitu dengan hanya menggunakan kata-kata yg memang amat penting saja bersama dengan menggunakan singkatan.

c. Lengkap
Penggertian lengkap di sini mencakupi tersedianya informasi yg dibutuhkan oleh pembaca iklan.

Unsur-unsur yg harus ada dalam iklan baris lowongan pekerjaan:
(1)    Jenis lowongan,
(2)    Kriteria sumber daya manusia yg dibutuhkan,
(3)    Alamat pemasang iklan,
(4)    Batas waktu pelamar,
(5)    Hak yg bakal diperoleh pelamar yg diterima.

Sedangkan Unsur-unsur yg harus tercantum dalam penulisan iklan baris jenis jual beli ataupun penawaran barang/jasa adalah:
(1)    Barang ataupun jasa yg ditawarkan,
(2)    Kondisi barang
(3)    Alamat, serta
(4)    Harga barang.

Perhatikan beberapa daftar singkatan yg sering dipergunakan dalam menulis iklan baris.



Contoh penulisan iklan baris:

DICARI agen pupuk organik kualitas tinggi, stok byk utk slrh wil ind. mdl kcil, untung 20-30% + bns pnjualn. Hub: hayi 087763157041

Cara membacanya:

Dicari sebuah agen pupuk organik. Pupuk organik tersebut memiliki kualitas tinggi. Jumlah pupuk organik tersebut sangat banyak sehingga membutuhkan agen yg banyak pula. Agen yg dibutuhkan untuk seluruh Indonesia. Modal yg diperlukan  untuk menjadi agen sangat kecil. Keuntungan yg dicapai untuk menjadi agen sebanyak 20-30% ditambah bonus dari setiap penjualan. Jika Anda berminat menjadi agen, hubungi Hayi dengan nomor HP : 087763157041

Lihat: Contoh Soal Iklan Baris Pilihan Ganda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar