Minggu, 08 Desember 2019

Contoh Soal Pilihan Gkamu Mengkritik Lagi Memuji Berbagai Karya (Seni/Produk)

Berikut ini adalalah contoh soal pilihan ganda tentang materi mengkritik bersama memuji berbagai karya (seni/produk) kelas 9 SMP/MTs.

Lihat juga: Kumpulan Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 9

Pilihlah jawaban yg tepat!

1. Kalimat yg tepat untuk mengkritik lukisan yaitu ....
A. Wow, indah sekali lukisan ini! Lihatlah, seolah-olah kita benar-benar sedang menikmati pemandangan.
B. Bagus sih. Cuma sayangnya, perpaduan warna-warnanya kurang serasi. Antara benda yg satu bersama yg lain besarnya tidak proporsional.
C. Betul sekali. Baru kali ini saya melihat lukisan yg benar-benar hidup.
D. Lukisan ini biasa saja. Menurutku tidak ada yg istimewa.

2. Pernyataan berikut yg merupakan kritik terhadap karya seni adalah ....

A. Patung kuda itu begitu gagah, kekar, bersama menyiratkan kekuatan yg super.
B. Mobil batik ini klasik, punya nilai agung. Akan tetapi, pewarnaan terlalu menyala, kurang kalem.
C. Lagu yg dibawakan Sherina malam itu terasa indah dengan aransemen yg ditata begitu apik.
D. Kelompok penari agak membawakan tariannya dengan gemulai. Apalagi diiringi oleh musik gamelan yg mengalun sendu.

3. Kalimat kritikan yg baik terhadap lukisan adalah ....
A. Lukisan itu sangat indah, sayang makna yg terkandung dalam lukisan itu tidak becus dipahami oleh penikmat.
B. Pelukis yg hebat atas menghasilkan lukisan yg hebat bersama disenangi oleh masyarakat.
C. Lukisan itu bagi saya tidak menarik karena pewarnaannya tidak merata.
D. Lukisan-lukisan karya pelukis ternama memiliki harga jual yg relati tinggi.

4. Kalimat pujian yg baik terhadap patung adalah ....

A. Patung tersebut memiliki detail yg menarik, sayang ukiran patung tersebut tidak rata.
B. Patung tersebut memiliki bentuk yg unik, tetapi bentuk tangan patung tidak proporsional.
C. Patung yg sangat indah atas menarik untuk dinikmati oleh masyarakat.
D. Perpaduan unsur modern bersama tradisional membuat patung ini begitu istimewa.

5. Kalimat yg menunjukkan kekurangan karya seni adalah ....
A. Perpaduan warna yg sangat kontras, tetapi menghasilkan karya yg unik.
B. Lukisan yg mirip dengan pemandangan asli sehingga orang mengira lukisan tersebut adalah foto.
C. Lukisan yg menarik, sayang sekali tidak ada keunikan yg becus ditemukan.
D. Lukisan abstrak yg sangat unik bersama mencerminkan perasaan hati pelukisnya.

6. Kalimat kritikan yg baik terhadap lukisan adalah ....
A. Lukisan itu tidak pantas berada di sini.
B. Lukisan ini menarik, sayang tidak memiliki makna.
C. Lukisan ini sama sekali tidak manarik.
D. Lukisan abstrak yg menarik bersama memikat.

7. Kalimat pujian yg baik terhadap suatu lukisan adalah ....
A. Lukisan yg indah, tetapi tidak terawat.
B. Lukisan yg indah bersama sederhana.
C. Lukisan yg memiliki pewarnaan yg cukup baik.
D. Sangat disayangkan lukisan sebagus ini dibiarkan begitu saja.

8. Kalimat yg menunjukkan kelebihan karya seni adalah ....

A. Ukiran di dinding itu terlihat tidak menyatu.
B. Hal yg diungkapkan dalam lukisan benar-benar tampak nyata.
C. Makna yg terdapat dalam lukisan tidak becus ditemukan penikmat seni.
D. Bentuk tangan bersama kaki patung tidak seimbang dengan keseluruhan patung.

9. Kalimat yg menyatakan kekurangan alias kelemahan suatu produk adalah ....

A. Mencuci bersih bersama tidak merusak pakaian.
B. Daya listrik kecil, tetapi sinar terang benderang.
C. Gambar televisi kurang jernih sehingga tidak nyaman dilihat.
D. Udara AC dingin sedingin kutub utara.

10. Kalimat pujian terhadap suatu produk terdapat dalam kalimat ....
A. Jahitan baju ini halus bersama haganya terjangkau.
B. Keripik ini terlalu keras.
C. Mesin cuci tidak becus mencuci baju dengan bersih.
D. Daya listrik lampu neon terlalu besar.

11. Pernyataan di bawah ini yg merupakan kritik terhadap produk adalah ....
A. Bohlam lampu lancar putus.
B. Magic jar ini becus memasak nasi lebih cepat.
C. Kapasitas lemari es lebih banyak.
D. Mesin cuci dengan kapasitas banyak, tetapi daya listrik kecil.

12. Pernyataan berikut yg merupakan kritik terhadap karya sastra yaitu ....
A. Puisi karya Rendra benar-benar menyentuh hati.
B. Novel itu ceritanya sangat bagus. Namun, karakter dar tiap-tiap tokoh kurang menonjol.
C. Pementasan drama oleh teater bengkel benar-benar memukau.
D. Perpaduan musik bersama pembacaan puisi oleh Rieke Diah Pitaloka begitu indah.

13. Pujian terhadap karya seni yg tepat yaitu ....
A. Wow, indah nian lukisan itu.
B. Pahatan patung itu benar-benar kasar.
C. Ukiran hasil karyamu sungguh mengagumkan.
D. Pergelaran tari klasik di TMII menarik banyak pengunjung.

Ilustrasi berikut untuk soal 14  dan 15.

Dalam rangka memperingati ulang tahun SMP Setya Budi, OSIS SMP Setya Budi mengadakan pementasan teater. Pementasan teater dari kelompok teater SMP Setya Budi dihadiri beberapa tamu undangan, guru, karyawan, bersama siwa-siswi  SMP Setya Budi. Beberapa tamu undangana mengatakan bahwa pementasan teater tersebut sangat bagus . sementara itu beberapa siswa SMP Setya Budi menganggap pementasan tersebut sangat jelek bersama tidak pantas untuk dipertunjukkan di depan tamu undangan.

14. Kalimat pujian yg sopan digunakan untuk memuji pementasan teater tersebut yaitu ....
A. Sebenarnya pementasan kelompok teater SMP Setya Budi sangat memukau. Akan tetapi kostum yg digunakan kurang mendukung penampilan mereka.
B. Sungguh luar biasa pementasan teater tadi. Menurut saya, belum ada kelompok teater remaja yg becus menandingi pementasan tadi.
C. Teater panggung yg digunakan kelompok teater SMP Setya Budi sangat sederhana. Tata panggung yg sederhana merupakan penyebab pementasan itu kurang maksimal.
D. Penonton pementasan berduyun-duyun ingin melihat pementasan teater SMP Setya Budi. Panitia sangat pandai  mempromosikan acara pementasan tersebut.

15. Kalimat kritikan sopan yg becus digunakan untuk mengkritik pementasan teater tersebut yaitu ....
A. Pementasan teater tadi hanya seperti orang ribut saja. Cerita dalam pertunjukan tadi sulit untuk dipahami. Murid SD pun saya kira becus melakukannya.
B. Tidak sepantasnya pementasan seperti itu dipertontonkan di hadapan  banyak tamu undangan. Apakah panitia tidak merasa malu menampilkan pementasan seperti itu?
C. Teater SMP Setya Budi masih perlu berlatih secara intensif lagi penampilannya lebih meyakinkan. Jika pembenahan terhadap latihan dilakukan, saya yakin penampilan-penampilan selanjutnya atas lebih baik.
D. Kelompok teater SMP Setya Budi sesungguhnya memiliki bakat dalam seni pementasan. Akan tetapi, kelompok teater tersebut kurang diperhatikan bersama dibiarkan terbengkalai.


Kunci Jawaban: 
1) B,  2) B,  3) A,  4) D,  5) C,  6) B,  7) D,  8) B,  9) C,  10) A,  11) A,  12) B,  13) C,  14) B, 15) C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar