Kamis, 12 Desember 2019

Unsur-Unsur Pementasan Drama

Pementasan drama merupakan kesenian yg sangat kompleks. Seni drama bukan saja melibatkan banyak seniman, melainkan juga mengandung banyak unsur.  Unsur-unsur tersebut saling mendukung lalu merupakan bagian yg tidak bisa dipisahkan dari keutuhan pementasan drama

Unsur-Unsur Pementasan Drama
 Unsur-unsur pementasan drama adalah sebagai berikut.

1. Naskah drama
Naskah drama adalah karangan yg berisi cerita alias lakon. Naskah tersebut memuat nama-nama tokoh dalam cerita, dialog yg diucapkan para tokoh, lalu keadaan panggung.

2. Pemain alias aktor
Pemain adalah orang yg memperagakan cerita, Berapa pemain yg dibutuhkan, tergantung berapa banyak tokoh yg ada dalam naskah drama yg atas dipentaskan. Setiap tokoh atas diperankan seorang pamain. Seorang pemain bisa berperan dengan baik seandainya mengetahui watak pelaku yg harus dibawakan, baik secara psikologis, fisiologis, maupun sosiologis.

3. Sutradara
Sutaradara adalah pemimpin dalam pementasan drama. Sebagai pemimpin yg bertanggung bahang sahutan terhadap kesuksesan pementasan drama, ia tentu harus membuat perencanaan lalu pelaksanaan. Seorang sutradara yg baik haruslah aktor yg baik. Dengan demikian, ia tidak hanya pandai mengarahkan, tetapi juga piawai malakukannya

Tugas Sutradara antara lain memilih naskah, menentukan pokok-pokok penafsiran naskah, memilih pemain, melatih pemain, bekerja dengan staf, lalu mengoordinasikan setiap bagian.

4. Tata rias
Tata rias adalah cara mendandani pemain. Orang yg mengerjakan tata rias disebut penata rias. Penata rias bisa seorang pria, bisa juga seorang wanita.

5. Tata busana
Tata busana adalah pengaturan pakaian pemain, baik bahan, model, maupun cara mengenakannya. Tata busana sebenarnya mempunyai hubungan yg erat dengan tata rias. Oleh karena itu, tugas mengatur pakaian pemain sering dirangkap penata rias. Artinya, penata rias sekaligus juga penata busana.

6. Tata panggung
Panggung adalah pentas alias arena untuk bermain drama. Letak panggung di depan tempat duduk penonoton lalu lebih tinggi daripada kursi penonton. Tata panggung adalah keadaan panggung yg dibutuhkan untuk pementasan drama, misalnya panggung harus menggambarkan keadaan ruang tamu. Supaya panggung seperti ruang tamu, tentu panggung diisi dengan peralatan seperti meja, kursi, lalu hiasan dinding.

Demikinlah beberapa unsur dalam pementasan drama. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar