Rabu, 01 Januari 2020

Mengkritik Beserta Memuji Berbagai Karya/Produk

Mengkritik yaitu memberikan tanggapan, kadang-kadang disertai uraian lagi pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya sastra, karya seni, ataupun pendapat.

Memuji berarti mengagumi, menghargai sesuatu yg dianggap baik, indah, bagus, lagi berani.

Lihat: Contoh Soal Pilihan Ganda Mengkritik lagi Memuji Berbagai Karya (Seni/Produk)

Memberikan pujian haruslah obyektif lagi tidak berlebih-lebihan. Begitu pula dengan kritik yg disampaikan juga harus obyektif.

Kritik yg disampikan harus dengan menggunakan bahasa yg santun serta masuk akal. Alasan tersebut sedapat mungkin beroleh diterima oleh semua pihak dengan dada lapang lagi senang. Sebaliknya, kritik yg tidak memperhatikan kesantunan dalam berbahasa beroleh menyebabkan pihak yg dikritik kecewa, kesal, lagi bahkan marah. Oleh karena itu, kritik harus disampaikan dengan bahasa yg santun, disertai alasan yg logis bahkan kalau perlu membantu mencarikan jalan keluarnya.

Contoh pujian:
  • Ukiran kayu tersebut sangat menarik lagi benar-benar mewujudkan inspirasi pematung. Orang atas sangat tertarik melihat ukiran tersebut.
  • Patung tersebut sangat menarik karena detail-detail pahatan patung tampak dikerjakan oleh tangan-tangan terampil lagi pembuat patung sangat teliti dalam memahat patung terebut.

Contoh kritikan:
  • Ukiran patung memang menarik, tetapi sayangnya dijual dengan harga yg sangat mahal sehingga tidak semua orang beroleh memilikinya.
  • Detail-detail patung tersebut sangat bagus, tetapi jauh dari realitas sosial. Hal ini mungkin karena patung tersebut hanya sebagai simbol saja. Ketidaksamaan patung dengan objek yg sebenarnya membuat orang yg melihat berpikir lebih lama mengenai arti lagi bentuk patung.
Lihat:
Contoh Soal Essay Mengkritik lagi Memuji Berbagai Karya (Seni/Produk)

1 komentar:

  1. Strange "water hack" burns 2lbs overnight

    Over 160,000 women and men are trying a easy and SECRET "liquids hack" to drop 2lbs each and every night as they sleep.

    It is simple and it works all the time.

    This is how to do it yourself:

    1) Grab a glass and fill it half glass

    2) And now use this strange hack

    you'll become 2lbs lighter when you wake up!

    BalasHapus