Rabu, 20 November 2019

Latihan Soal Un | Menilai Keunggulan Pada Kelemahan Teks (Bagian I)

Soal Ujian Nasional | Menilai Keunggulan lalu Kelemahan Teks
1. Bacalah teks berikut!
(1) Sang Pemimpi merupakan novel kedua Andrea Hirata. (2) Novel ini mengisahkan masa-masa tokohnya merajut mimpi di SMA dengan nuansa kenakalan khas remaja. (3) Andrea Hirata membawa kita dengan kenyataan hidup yg harus dihadapi tokoh-tokohnya lalu mimpi-mimpinya. (4) Andrea hampir berhasil membangkitkan obor semangat meraih mimpi Ikal, Arai, lalu Jimbrom hingga mengantarkan mereka menuju Sorbonne.

(5) Novel Sang Pemimpi sangat kaya dengan keindahan bahasa yg dengannya setiap alur terdeskripsikan dengan sempurna. (6) Intelektualitas tinggi lalu humor terjalin dengan memesona mengeksplorasi karakter para pelaku. (7) Novel ini sarat dengan nilai moral yg ditunjukkan dengan rasa humanis tinggi orang remaja. (8) Nilai sosialnya juga sangat menonjol, seperti kesetiakawanan antara Ikal, Arai, lalu Jimboron. Tentu saja, dilengkapi dengan nilai agama yg kental dijalani oleh tokoh-tokohnya.

Pernyataan yg merupakan keunggulan novel terdapat dengan bagian ....
A. (1) lalu (2)
B. (2) lalu (3)
C. (4) lalu (5)
D. (5) lalu (6)

2. Bacalah teks berikut!
(1) Kumpulan cerpen Hujan Kepagian terdiri atas enam buah cerita. (2) Cerpen tersebut mengisahkan tentang kesaksian revolusi kemerdekaan. Kumpulan cerpen karya Nugroho Notosusanto menampilkan kisah-kisah di sekitar revolusi yg dialami oleh pengarangnya sendiri. (3) Kumpulan cerpen ini tidak hanya dilihat dari sudur peristiwa yg berkaitan dengan tindakan-tindakan serba heroik para pelakunya, namun dilihat dari isinya yg lebih manusiawai. (4) Pengarangnya sendiri terlibat langsung dalam perjuangan kemerdekaan sebagai anggota tentara pelajar.

(5) Buku ini memiliki kelebihan penggunaan ejaan yg baik, tanda baca digunakan dengan baik lalu sesuai dengan fungsingya masing-masing, paragraf tersusun dengan baik. (6) Namun banyak menggunakan bahasa yg kurang dimengerti. (7) Buku ini lebih ditujukan kepada pembaca yg pikirannya pernah mengembara ke medan perang.

Pernyataan yg berupa keunggulan buku terdapat dengan kalimat nomor ....
A. (3)
B. (4)
C. (5)
D. (7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar